roadtrip mel
Marriage, Saya

5 Tips Menikmati Road Trip

Selain nonton, kegiatan lain yang saya dan si Jenong nikmati bersama-sama adalah jalan-jalan. Ngga mesti jauh, sampai ke negara lain, yang deket-deket aja juga bisa jadi tujuan. Malah, seringkali perjalanan deket itu kami lakukan dengan spontan.

Seperti misalnya ke Cirebon beberapa waktu lalu. Itu tidak kami rencanakan jauh-jauh hari. Hanya semalam berpikir, keesokannya si Karlito pun melaju ke Cirebon. Padahal hari itu saya baru pulang bekerja cukup malam. Alhasil, kami sampai di Cirebon jam 5 subuh keesokan harinya.

Ke Anyer pun demikian. Yang tadinya berniat ke Puncak batal sekejap dan putar balik ke arah berlawanan. Alhasil, go show kali itu pontang-panting cari penginapan –yang baru didapat jam 1 malam.

Walau demikian, it was fun. Kami memang suka jalan-jalan via darat. Road trip kalau kata orang. Rekor paling jauh masih Jakarta-Padang pas lebaran tahun lalu. Kalau lagi jalan-jalan di daerah sebisa mungkin kami pinjam kendaraan dan jalan-jalan sendirian –ketimbang bepergian dengan agen. Hanya mengandalkan GPS di smartphone. Nyasar? Udah nggak keitung sangking seringnya hehehe. Tapi itu yang bikin seru.

Buat yang pengen coba asyiknya road trip, berikut beberapa tips yang dapat saya berikan:

1. Pergilah dengan teman seperjalanan yang menyenangkan
Road trip beda sama naik pesawat. Kita bisa stuck bareng satu orang selama berjam-jam, bahkan bisa sampai berhari-hari. Jadi sebelum memutuskan road trip find a loveable trip friend.

2. Bepergianlah sesuai kemampuan
Suatu hari di Bali kami berencana pergi ke Bedugul. Itu kalau lihat peta Bali hampir ujungnya Bali ke arah utara. Demi melihat jauhnya perjalanan ke sana, dan menghitung sisa waktu di Pulau Dewata, di tengah jalan kami pun memutuskan berbelok ke Tabanan. Agak nyesel juga sih. Tapi mungkin itu pertanda kalau kami harus ke Bali lagi lain waktu hehe. Intinya, nggak dosa kok ganti haluan, namanya juga jalan-jalan.

3. Minimal, tahu kondisi kendaraan
Walau bisa jadi perginya spontan, tapi usahakan kendaraan yang anda bawa road trip cukup handal untuk dikendarai. Paling enak sih bawa kendaraan yang biasa dipakai sehari-hari sehingga tahu kekuatan dan kelemahannya. Kalaupun harus menyewa jangan malu bertanya ini itu sama rentalnya. Untuk menambah pede, kendaraan yang dipakai sebaiknya diasuransikan –buat jaga-jaga.

4. Bawa cash yang cukup
Namanya jalan darat banyak yang dilihat dan bisa dimampirin. Jadi penting bawa cash –instead of credit card or debit. Cash juga buat jaga-jaga kalau –amit-amit– terjadi apa-apa di jalan.

5. Bawa smartphone dengan koneksi yang oke dan GPS yang mumpuni
Poin ini sebetulnya lahan buat endorse hahahaha. Intinya pastikan pake smartphone itu satu. Pake SIM card yang koneksinya ga banyak blank spot itu dua. Punya map minimal Google Maps itu tiga. Aman tentram deh jalan-jalannya.