Movie, Review

‘A Separation’: Drama Keluarga Sarat Makna

672f205d379b2539cf7f556407e4868b_a_separation

Maraknya berita perceraian artis di infotainment beberapa waktu belakangan ini membuat saya terinspirasi menulis postingan tentang film ini.

‘A Separation’ merupakan film produksi asal negara Iran, yang terpilih sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik di ajang Piala Oscar tahun 2012. Film ini bercerita tentang suami-istri, Nader-Simin, yang tengah berada di ambang perceraian.

Sang suami, Nader, adalah seorang pekerja kelas menengah yang tinggal di sebuah flat bersama anak perempuan dan ayahnya yang menderita Alzheimer. Tanpa Simin yang kembali ke rumah orang tuanya dan anak yang sehari-harinya bersekolah Nader, atas rekomendasi istrinya, mempekerjakan seorang asisten rumah tangga untuk merawat sang ayah di rumah.

Problem rumah tangga yang sudah rumit bertambah setelah asisten rumah tangga suatu ketika mengadukan Nader ke polisi karena dugaan tindak kekerasan yang menyebabkannya keguguran. Kini, Nader juga harus membebaskan dirinya dari jerat penjara.

Perpisahan memang tidak melihat latar belakang keluarga, agama dan status sosial seseorang. Film ini menggambarkan dengan baik dampak dari peristiwa itu bagi anak maupun pribadi pasangan itu sendiri.

Digambarkan, sejak berpisah dengan istrinya, Nader menjadi sosok yang gampang marah. Anak pun kebingungan karena pada akhirnya dia harus memilih harus tinggal dengan siapa, ayah atau ibunya.

Film ini menarik perhatian saya karena topik perpisahan tidak populer di negara Islam seperti Iran. Ditambah, konflik keluarganya tidak cuma melibatkan emosi sang anak tapi juga sang kakek. Orang tua renta itu menjadi salah satu faktor yang memicu perceraian, karena keinginan sang istri pindah kota sementara Nader yang merasa masih bertanggung jawab tidak kuasa meninggalkan ayahnya. Kakek yang sudah pikun pun dibuat bingung mengapa menantunya tidak lagi tinggal di rumah.

Kredit khusus buat penulis skenario yang membuat film ini tidak hanya kaya konflik namun juga sarat makna.

Walau gambar dan ceritanya cukup sederhana, film recommended bagi Anda yang menyukai drama keluarga.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply