Foto: dok detikFood
Lifestyle

Awas, Kepincut Keunikan Rasa Soto Ranjau

Foto: dok detikFood

Saya sebetulnya bukan penggemar berat soto. Tapi segala jenis soto adalah masakan Indonesia yang cocok di lidah saya.

Indonesia sebagai negara yang kaya tradisinya cukup buanyak punya varian soto. Dari yang paling populer seperti soto ayam, soto betawi, soto padang sampai coto Makassar.

Nah, baru-baru ini saya mencicip varian soto yang unik banget rasa dan penampakannya. Namanya soto ranjau.

Warung penjual soto ranjau itu saya temui di samping Bank DKI cabang Kebayoran Baru. Di depannya Bank BCA Melawai tepatnya. Kata si emak yang jualan dia biasa mangkal di belakang Bank BCA, tapi karena lahan sedang direnovasi dia pindah deh ke dekat Bank DKI. Katanya lagi dia sudah jualan puluhan tahun lho di sana. Wow, legendaris dong ya!

Karena tertarik dengan namanya tanpa banyak berpikir saya langsung pesan seporsi soto ranjau untuk mengganjal perut yang kelaparan belum diisi sarapan *inireviewataucurhatsih*. Masih katanya si emak yang jualan, soto ranjau ini asli Madura. “Enak kok,” promosi dia.

Tadinya saya pikir soto ranjau ini soto yang pedas karena penuh dengan cabe rawit, nggak taunya disebut ranjau karena satu mangkoknya dipenuhi tulang ayam sampai hampir bleber!

Kata abang yang bantu jualan si emak, “Kalau enggak hati-hati makannya bisa kena ranjaunya (tulang ayamnya), neng.”

Benar saja. Setelah saya coba aduk-aduk ke bawah tumpukan tulang ayamnya baru deh kelihatan isinya soto ini. Antara lain bihun dan kol dengan kuah kaldu ayam yang gurih. Rasanya unik deh. Walaupun makan ayamnya perlu usaha nagih juga sih sama kuahnya.

Saya sampai tidak sempat mengambil penampakannya karena keburu penasaran dengan rasanya.

Dengan pendamping seporsi nasi, soto ranjau sukses mengenyangkan perut saya. Bagaimana dengan harganya? Murah banget! Dengan tambahan air mineral sebotol sedang saya cuma ditagih Rp 15 ribu perak. Kalau gini namanya perut kenyang dompet senang.

Sluurp!

Previous Post Next Post

You Might Also Like

1 Comment

  • vonie11 June 23, 2016 at 6:33 am

    Terimakasih atas informasinya

  • Leave a Reply