taman-rusunami
Rusunami

Bayar Tagihan Utilitas Rusunami

Sejak rusunami saya diserahterimakan bulan November tahun lalu ada begitu banyak tetek-bengek mengurus rumah yang saya pelajari. Salah satunya bayar tagihan!

Sudah tiga bulan terakhir ini tagihan utilitas masuk ke handphone saya via SMS. Waktu serah terima saya minta pemanfaatan utilitas ditagihkan ke handphone. Kalau nggak salah pilihannya waktu itu dua, yaitu: pembayaran via ATM Bank Mandiri dengan tagihan via telepon atau didebet langsung dari rekening. Tagihan utilitas adalah tagihan pemakaian listrik dan air. Kalau nanti sentralisasi gas sudah dipasang di unit saya, baru akan ada tagihan gas.

Kali pertama tagihan datang, saya diinstruksikan untuk membayar ke nomer rekening PT Pradani Sukses Abadi (PSA) di Bank Mandiri. PSA adalah pengembang yang membangun Kalibata City. Waktu itu besar tagihannya Rp 76.209.

Setelah membayar tagihan, seperti instruksi dari SMS, fax bukti pembayaran ke fax Kalibata City. Memang jadi sedikit repot karena setelah itu masih harus konfirmasi via telepon.

Kali kedua tagihan kembali datang namun dengan instruksi agak berbeda. Kali ini ada disertakan Corporate Code Agung Podomoro (perusahaan induk PT PSA) dan ID pelanggan. Pembayaran tetap dilakukan via ATM, hanya saja melalui metode Multi Payment Bank Mandiri. Tapi karena saya nggak memperhatikan SMS itu, saya masih membayar menggunakan metode yang pertama. Kirain nggak diterima, eh, ternyata tetap diterima kok. Hanya pastikan Anda mengkonfirmasi pembayaran ke finance-nya.

Nah, kali ketiga tagihan datang saya mencoba membayar via Multi Payment. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Setelah memasukan kartu ATM, pilih Pembayaran/ Pembelian
2. Pilih Multi Payment
3. Masukan Corporate Code Agung Podomoro (tertera di SMS)
4. Masukan ID pelanggan Anda (tertera di SMS)
5. Anda akan diminta untuk menkonfirmasi nilai tagihan utilitas yang harus dibayar. Kalau setuju tekan “Ya”
6. Simpan struk pembayaran utilitasnya

Setelah itu nggak perlu ribet kirim fax karena kita hanya perlu konfirmasi via telepon. Sayang, untuk mengetahui rincian pemakaian (listrik dan air) harus memintanya langsung ke bagian finance. Setelah dua bulan tagihan datang stabil di angka Rp 76.209 bulan Maret ini tagihannya Rp 84.032. Mungkin karena ada pemakaian AC. Memang dari bulan Februari lalu unit rusunamiku sudah ber-AC. Ditambah spring bed yang sudah berseprai dan perlengkapan mandi, semakin nyaman kalau mau nginep di sana.

Sementara untuk pengguna BCA, tagihan utilitas dapat dibayar lewat virtual account. Jadi, telpon building management aja dulu minta virtual account Anda. Nanti di ATM tinggal pilih Transfer lalu ke Transfer ke Virtual Account dan pilih yes. Oh ya utilitas juga bisa dibayar via Klik BCA.*)

Per Februari mall yang ada di basement Kalibata City (baca: Kalibata City Square) sudah buka. Walaupun masih sepi dari vendor, tapi cukup lumayan buat sekedar kongkow. Soalnya foodcourt-nya sudah buka. Apalagi ya? Di beberapa sudut ruko juga sudah dibuka warung makan. Ruko desain interior juga bertambah ramai!

Bulan depan ada apalagi ya?

*) ditambah per 13 Oktober 2011

Previous Post Next Post

You Might Also Like

2 Comments

  • Dody May 8, 2014 at 8:19 am

    cara bayar klik BCA nya mana?

    • mels May 21, 2014 at 3:45 pm

      untuk bca (atm, klik bca) sama kayak penjelasan di dua paragraf terakhir stepnya 🙂

    Leave a Reply