ID-100181339
Lifestyle

Cara Mencairkan Adsense untuk Pemula

Foto: Ilustrasi (freedigitalphotos.net) Okay, buat para suhu Adsense yang bakal saya ceritakan dalam postingan kali ini mungkin akan terdengar cupu yah. Tapi tulisan ini memang buat pemula kok, kayak saya gini lah: yang masang adsense-nya nggak muluk-muluk buat penghasilan tambahan. Buktinya baru bisa mencairkan payment setelah beberapa tahun masang hahahaha.

Iya, setelah beberapa tahun akhirnya saya mendapatkan email dari Google kalau akun adsense saya sudah bisa dicairkan karena nilainya sudah mencapai jumlah minimal payment. Wohoo!

Setengah nggak percaya, saya baru ceki-ceki lagi halaman adsense saya untuk tahu dulu masukin metode payment melalui apa. Ternyata, saya memilih pembayaran via cek. Cara ini –saya baru tahu setelah googling– tidak populer di kalangan para pengguna adsense karena prosesnya yang lama dan mahal. Tapi karena cek sudah dikirim mengubah metode pembayaran pun tidak akan ada artinya, karena metode pembayaran baru harus diubah supaya bisa efektif sebelum tanggal 29 setiap bulan berjalan. Jadi saya pasrah saja kalau pembayarannya akan lama bisa cair.

Lama, karena menunggu cek sampai ke alamat yang saya isikan di profil Adsense saja butuh waktu sekitar 60 hari dari tanggal cek. Tapi eits, prosesnya nggak selesai sampai di situ. Setelah itu saya bawa cek tersebut ke dua bank tempat saya menjadi nasabah –dan kebetulan lokasinya tidak terlalu jauh dengan kantor.

Bank yang pertama, Bank CIMB Niaga, bilang pihaknya sudah tidak bekerjasama dengan Citibank –asal cek Adsense. Bank yang kedua , BCA, sebenarnya bisa menerima pencairan cek, namun syaratnya saya harus memiliki rekening tabungan giro –yang pembukaannya saja minimal Rp 1 juta dan sederet persyaratan lainnya. Adapun untuk biaya administrasi pencairan cek Adsense di sini  US$ 10.

Akhirnya saya pergi ke bank yang ketiga yaitu Citibank. Untuk pencairan cek dari cabangnya di Eropa biaya administrasi yang dikenakan lumayan juga: Rp 350 ribu bagi non-nasabah. Sedangkan bagi nasabah kalau nggak salah “hanya” dikenakan biaya Rp 150 ribu. Tapi eits, pencairannya juga butuh waktu. Minimal 14 hari kerja dan bisa jadi sampai 30 hari kerja. Setelah mengisi formulir dan bayar di muka biaya administrasinya, selesai deh. Oh ya jika Anda kebetulan masih memilih cara cek seperti saya juga jangan lupa bawa uang, kartu identitas dan buku rekening bank tempat Anda mau menerima transferan pembayarannya ya.

Anyway, total waktu pencairan cek Adsense pertama saya dari tanggalnya sampai cair kurang lebih 90 hari alias 3 bulan lah. Belajar dari situ akhirnya saya sudah mengganti metode payment menjadi Western Union. Katanya sih cara ini yang paling cepat dan murah. Adapun untuk tahapannya tinggal googling saja, banyak kok source-nya.

Bagi para pemula semoga tulisan ini bermanfaat ya 🙂

PS: Sangking semangat nyairin, ceknya lupa dipotret #pentingbangetinfonya

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply