empal gentong gabungan copy
Traveling

Empal Gentong dan Empal Asem Cirebon

empal gentong gabungan copyAkhir pekan yang lalu saya dan suami melakukan trip singkat ke Cirebon sebagai “kado” ulang tahun pernikahan kami.

Kenapa ke Cirebon? Pertama, karena kami sama-sama belum pernah ke sana. Kedua, karena ke Cirebon bisa ditempuh dengan cara road trip dalam waktu yang relatif cukup terjangkau, yakni 5 sampai 6 jam.

Browsing di internet, Cirebon juga merupakan kota budaya. Cirebon juga dikenal sebagai kota untuk berwisata kuliner.  So, sesampainya di Cirebon salah satu tujuan kami adalah wisata kuliner. Kuliner apa? Tentu saja Empal Gentong yang terkenal seantero Indonesia.

Warung Empal Gentong yang tidak sengaja kami lewati itu terletak di sekitar kawasan batik di Plered. Namanya Warung Empal Gentong & Empal Asem Haji Apud.

Warung ini mencolok di jalan yang berjejer rumah makan itu karena di depannya terparkir berpuluh mobil pribadi dan mobil travel. “Pasti enak, nih,” pikir kami saat itu.

Kami memesan masing-masing satu porsi Empal Gentong dan Empal Asem. Bagi yang belum pernah makan Empal Asem perbedaan dengan Empal Gentong terletak pada kuahnya. Empal Gentong menggunakan santan sementara Empal Asem kuahnya bening.

Di warung ini disediakan berbagai jenis empal, yang mau isinya daging sapi saja atau diisi jeroan seperti kikil, usus dll. Tapi kalau pelanggan mau, empal juga bisa diisi dengan campuran daging sapi dan bermacam jeroan.

Icip punya icip, saya berkesimpulan bahwa Empal Gentong terasa lebih tasty. Mungkin karena campuran santan dan bumbu rempahnya, ya. Sementara Empal Asem relatif lebih segar kuahnya. Namun keduanya sama-sama uenak surenak! Jangan lupa untuk menambahkan sambal sesuai selera. Ssst, sambalnya pedasnya juara jadi jangan tuang banyak-banyak yah!

Selain empal-empalan, di tempat ini juga dijual sate kambing muda yang (dari penampakannya) suedap rasanya.

Bagaimana dengan harganya? Dengan porsi semantap itu saya benar-benar tidak menyangka bahwa harga untuk menebus 2 mangkuk empal, 2 porsi nasi dan 2 gelas es jeruk ditambah satu bungkus kerupuk udang hanya sebesar Rp 57 ribu saja! Muraaah yah!

Jadi, kalau jalan-jalan ke Cirebon jangan lupa untuk mampir ke sini ya!

Previous Post Next Post

You Might Also Like

2 Comments

  • keke naima October 15, 2013 at 11:03 am

    wah, jd lapeeerrr :d

    • mels October 17, 2013 at 12:44 pm

      Ayo, dicicip mbaak… 🙂

    Leave a Reply