google-plus
Review, Social Media

Google+ Pesaing Facebook?

Per minggu lalu Google+ telah dibuka untuk umum dan langsung mencatat pertumbuhan traffic sebesar 1269 persen. Inikah yang akan menjadi pesaing Facebook?

Facebook saat ini merupakan salah satu situs paling populer di dunia. Sangking banyak penggunanya, jika FB sebuah negara maka social network yang dibangun oleh Mark Zuckerberg itu akan menjadi negara terpadat ketiga di dunia dengan lebih 800 juta pengguna!

Setelah bertahun-tahun jadi penguasa tunggal dunia per-social network-an (lebay!), memang kepopuleran FB mulai tersaingi dengan adanya Twitter. Tapi Twitter tidak memiliki fitur yang persis sama dengan FB. Nah, sekarang akhirnya juga yang berani, dengan lantang, menyebut pesaing FB. Dialah Google+ (G+).

Secara saya orangnya pengen nyobaan, mari membandingkan berdasarkan user experience saya:

1. Kemudahan login
Google+ juaranya tentu saja. Dengan satu ID yang sudah terintegrasi ke seluruh layanan Google, maka jika Anda sudah punya akun Google dan login di satu layanan, membuka G+ tinggal membuka tab baru.

2. User Interface
Secara umum nggak terlalu berbeda dengan Facebook. Plusnya buat si G+, akhir-akhir ini FB lagi doyan banget mengganti halaman Home pengguna. Menyebalkan? Agak. Terakhir, FB mengenalkan halaman Home baru dengan kotak update status yang “disembunyikan” dan stream activity seluruh teman kita di samping kanan.

Sementara untuk kemudahan menjelajah fitur-fitur yang ada, rasanya sama saja.

3. Istilah
FB menggunakan istilah Friends, Like dan Lists untuk menyebutkan teman, menyukai status dan pengelompokan teman berdasarkan kelompok. Sementara G+ menggunakan Circles, +1 dan Stream. FYI, sebelum ada G+, FB tidak mengenal Lists. Sebaliknya dari awal G+ mengenalkan Stream sebagai opsi bagi pengguna ketika ingin membagi suatu informasi kepada Circles-nya. G+ juga mengenalkan Hangouts, yakni fitur chatting dan video cam buat kelompok. Istilah yang dipakai G+ keren-keren ya? 😀

4. Fitur
Secara umum fitur-fitur yang ditawarkan G+ nggak terlalu berbeda dengan FB. Dan masing-masing unggul dengan kelebihannya. FB dengan games-nya seperti The Sims Social atau Farmville yang (katanya) addictive. G+ punya Hangout yang kalau dilihat dari deskripsinya sih menarik bener. Apalagi FB belum punya fitur serupa.

Tapi, daripada disebut sok tahu, saya belum mencoba games maupun hangout yang ditawarkan dua social networking ini. Games karena saya nggak doyan nge-game. Sementara hangout karena memang belum perlu. Bagaimanapun, rasanya kalau keunggulan-keunggulan tersebut dikembangkan baik FB maupun G+ bakal memiliki fans masing-masing.

5. Mobile
Salah satu keunggulan FB sampai saat ini menurut saya adalah versi mobile-nya di semua platform. Walaupun BB version-nya sering sucks, tapi setidaknya lebih mudah memantau FB dengan aplikasi ini. G+? Belum denger ada versi mobile-nya.

Mungkin karena awalnya menggunakan invitation, G+ belum terlalu populer di kalangan para awam IT. Buktinya, lebih banyak orang tidak saya kenal yang menambahkan saya dalam circles mereka. Namun mengingat nama besar Google ditambah dengan dibukanya G+ untuk umum, penggunanya dipastikan akan berkembang jauh lebih besar di kemudian hari.

So, sudahkah Anda mempunyai akun G+?

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply