Movie, Review

Inception: Serunya Petualangan di Labirin Mimpi

Your mind is the scene of the crime. Demikian tagline film besutan Christoper Nolan ini. Bener banget karena di dunia mimpi kamu bisa membuat dunia sendiri.

Cobb (Leonardo DiCaprio) adalah pencuri mimpi terbaik yang sedang bekerja mencuri mimpi pengusaha bernama Saito (Ken Watanabe). Alih-alih berhasil, dia justru ditawari Saito sebuah proyek gokil yang disebut ‘inception’. Jadi kebalikan dengan pekerjaan yang biasa ditanganinya, Cobb ditantang untuk menanam ide ke kepala seseorang lewat mimpi.

Proyek ini memang sangat menantang, apalagi Cobb diiming-imingi bonus yang dapat mengantarkannya pulang ke rumah. Bonus yang sulit ditolak karena sejak kematian Mal (Marion Cotillard), istrinya, Cobb ‘dipaksa’ berkelana ke luar negeri akibat menjadi buronan di negaranya sendiri.

Namun menanam ide ke kepala Robert Fischer Jr (Cillian Murphy) bukan perkara gampang. Dibantu Saito dan tim yang terdiri dari arsitek, ahli kimia, ahli bom dan lainnya, Cobb berpetualang di dunia mimpi yang penuh ilusi dan menguras emosi.

Poster Inception (image: 21cineplex)

Secara singkat, saya sebut film ini gokil! Alasan gokil pertama: Inception mendapatkan rating 9,4/10 di IMDB. Saya belum pernah menemukan film yang dapat rating setinggi ini sebelumnya.

Gokil kedua: Christopher Nolan dapat ide cerita dari mana sih? Sebelumnya saya nggak pernah dengar konsep mimpi di dalam mimpi. Tapi Nolan memperkenalkannya. Saya pun dipaksa berpikir untuk membedakan mana yang dunia mimpi mana yang nyata. Sayang, penonton nggak dibekali Totem ๐Ÿ˜€

Namun pepatah lama ‘kenyataan tidak seindah mimpi’ terefleksikan dalam dialog-dialog yang terjadi antara Cobb dan Mal. Jadi menurut saya balance antara konsep lama dengan baru. Kalau film ini sampai merajai Oscar, menurut saya penghargaan setinggi-tingginya wajib diberikan kepada Nolan yang selain jadi sutradara juga menulis ceritanya.

Gokil ketiga: cast-nya oke semua! Sejak tampil ‘menye-menye’ di Romeo + Juliet dan Titanic, DiCaprio semakin pandai memilih peran. The Departed, Blood Diamond, Shutter Island dan sekarang Inception. I love you! ๐Ÿ˜€

Watanabe adalah aktor Jepang favorit saya. Walau nggak sering nonton penampilannya di film, tetapi saya tambah suka sejak dia main di film Memoir of a Geisha. Ellen Page sebagai Ariadne si arsitek ternyata yang main Juno ya? Aha! Pantesan tampak familiar. Cotillard? Baru sekali nonton penampilannya. Oke juga. ‘She looks tempting,’ kalau kata sebelah saya ๐Ÿ™‚

Jadi, uang 35 atau 50 ribu untuk menonton di bioskop terdekat sepertinya worthed-lah. Banget! Selamat menonton.

Image: dari 21cineplex

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply