night festival 1
Lifestyle

Jakarta Night Festival

night festival 1Car free day? Biasa. Yang nggak biasa? Car free night dong! Seperti yang berlaku di jalan MH Thamrin – Monas di hari ulang tahun Jakarta ke-486 tanggal 22 Juni yang lalu.

Car free night sebelumnya sudah pernah digelar Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) saat pergantian tahun 2012 lalu. Cuma, waktu itu kami sudah punya rencana perjalanan yang lain. Beruntung kami tidak datang karena ketika itu Jakarta diguyur hujan hampir sepanjang hari.

Cuaca juga sempat menjadi pertimbangan ketika kami memutuskan untuk melihat kemeriahan night festival hari itu. Belum lagi macetnya. Tapi untungnya cuaca Jakarta bersahabat.

Untuk menyiasati macet kami memutuskan untuk naik motor –pinjaman teman suami. Parkirnya nanti di Sarinah. Tinggal jalan kaki deh ke Bundaran HI atau Monas. Rencananya begitu.

Kami berangkat dari rumah pukul 19.00 malam. Jalanan sudah agak tersendat sejak dari Kuningan. Sampai di Sarinah parkiran sudah penuh! Sampai kami harus parkir mlipir di pinggir Demang Resto.

Walaupun ramai suasana Jakarta Night Festival belum terlalu ramai. Indikasinya kami masih bisa jalan bebas di sekitar Sarinah sampai ke arah Monas. Nggak terlalu jauh karena kami cuma pengen menikmati suasana.

Namun semakin malam jalanan semakin tumplek-blek dengan manusia. Puncaknya adalah ketika kami harus melewati lautan manusia di depan panggung yang sedang menampilkan band reggae yang saya nggak tahu namanya. Duh, rasanya pengen pingsan deh. Padahal nggak lama baru memenuhi perut dengan bakso malang –yang biasa banget rasanya.

Oh ya, ada total 8 panggung dengan ratusan artis yang disiapkan Pemda Jakarta malam itu. Kami hanya sempat melihat 4 panggung diantaranya. Performer-nya? Cuma kenal J-Rocks. Sayang, untuk panggung dengan crowd sebesar itu sound system-nya jelek banget.

Secara umum, Jakarta Night Festival yang disebut juga sebagai malam muda-mudi ini cukup sih. Cuma untuk penyelenggara perlu menambah petugas untuk menjaga keteraturan dan kebersihan. Sayang banget karena nggak ada petugas taman di tengah jalan habis diinjak-injak masyarakat. Tukang jualan juga nggak teratur penempatannya. Arus penonton juga harus diperhatikan. Saling serobot dan tabrak nggak karuan.

Tapi nggak kapok kok nonton festival semacam ini. Semoga tahun depan dibenahi ya, Pak Jokowi!

Previous Post Next Post

You Might Also Like

2 Comments

  • keke naima July 3, 2013 at 5:34 am

    udah kayak malam tahun baru, ya

  • Leave a Reply