Traveling

Jalan-jalan ke Pura Taman Ayun

 

Sesungguhnya kami tidak sengaja menjejakan kaki di Pura Taman Ayun. Ketika sedang menuju Bedugul, tiba-tiba terbersit niatan untuk melipir ke tempat ini. Tapi sepertinya tidak sia-sia kami ke sini.

Memang, Pura Taman Ayun searah dengan perjalanan ke Bedugul. Dari Denpasar, tinggal mengikuti jalan ke Singaraja/ Tabanan. Nanti di daerah bernama Mengwi, kita akan melihat petunjuk jalan ke Pura Taman Ayun.

Pura Taman Ayun terlihat seperti sebuah kompleks peribadatan. Kawasan ini dikelilingi oleh kolam air yang sayangnya waktu kami datang tampak sangat kering. Mungkin karena sedang musim kemarau. Walau demikian memasuki gerbang kita akan disambut dengan taman air cantik yang rumputnya sangat terawat. Dari kejauhan tampak deretan bangunan dengan atap menjulang yang rapi berjejer.

Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan domestik diharusnya membayar Rp 10 ribu. Sedangkan wisatawan mancanegara Rp 15 ribu. Tidak ada biaya tambahan untuk wisatawan yang membawa kamera.

Setelah memasuki gerbang berundak, tampak pembangunan dan renovasi di beberapa tempat. Selain itu, jejeran meru (tempat menaruh sesajen) dengan atap berundak-undak yang menjulang tinggi yang dikelilingi oleh tembok di tengah kawasan ini juga tidak bisa dimasuki pengunjung. Mungkin, hanya dibuka kalau ada upacara. Di sekeliling jejeran meru terdapat deretan pohon, kolam dan tempat beristirahat yang dalam renovasi. Jadi mirip kayak taman, deh. Buat para fotografer, berbagai angle menarik bisa diambil di tempat ini.

Namun yang menurut saya unik justru yang ada di halaman depan. Sebuah bangunan bertingkat yang cukup tinggi terdapat di sisi kiri pura. Bangunan itu dilengkapi kentongan. Mungkin, bangunan itu dibangun sebagai menara pengawas. Di seberang taman air, terdapat bangunan yang di dalamnya ada arena sambung ayam. Hasil googling, namanya wantilan. Kurang ngerti juga kenapa ada arena di sana. Mungkin, sambung ayam bagian dari budaya yang berkembang di daerah ini.

Jika ke Bali, sempatkan datang ke kawasan ini. Menarik dan pasti cantik.

 

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply