kampung batik trusmi
Traveling

Kampung Batik Trusmi

kampung batik trusmiKe Cirebon belum sah jika belum memborong batiknya. Dari jauh hari saya mendengar nama Trusmi sebagai “sesuatu” yang harus dibeli jika mampir ke Cirebon.

Trusmi yang saya kira adalah sebuah motif batik. Tapi ternyata Trusmi adalah nama sebuah daerah di Cirebon.

Terletak ke arah Barat menuju jalan raya ke Jakarta, Trusmi masuk ke kecamatan Plered kabupaten Cirebon. Plered sendiri dikenal sebagai sentral batik Cirebon. Di kawasan ini berderet-deret toko batik yang menjual berbagai macam batik dan oleh-oleh khas Kota Udang tersebut.

Hari pertama di Cirebon saya mampir ke Jalan Panembahan, Plered, menuju sebuah toko batik yang beriklan di billboard besar di pinggir jalan. Jalan Panembahan tidak terlihat seperti kampung, malah terlihat lebih seperti kawasan belanja di Kuta, Bali, dengan deretan toko/ butik batik di kanan dan kiri jalan.

Di jalan tersebut, terletak Toko Batik Mahkota yang dari penampakannya merupakan toko paling hits di kawasan ini. Masuk ke Mahkota, banyak item batik yang dijual mulai dari bahan kain, pakaian jadi sampai pernak-pernik batik. Harganya cukup murah meriah dan sedang ada diskon.

Di sana saya membeli beberapa potong batik dan jilbab batik untuk oleh-oleh.

Saya juga sempat membeli batik di toko tak jauh dari Mahkota. Harga batik di toko ini memang lebih mahal, namun desainnya tidak pasaran. Saya membeli sepotong batik dengan motif mega mendung modifikasi. *SOTOY*

Karena penasaran pada hari kedua kami kembali ke kampung batik, tapi kali ini ke Trusmi-nya. Lagi-lagi kami menuju toko yang memasang iklan di billboard di pinggir jalan.

Nama tokonya representatif dengan kawasannya yaitu Kampung Batik Trusmi. Jika di Mahkota tersedia berbagai item batik, kampung batik ini luasnya lebih besar dan menjual item batik yang lebih beragam. Di sini saya khilaf dan membeli beberapa item batik sekaligus. Tapi saya sudah minta izin suami kok hihihihi.

Baiklah, jika ke Cirebon jangan lewatkan memborong *eh* membeli batiknya.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply