nomor13
Rusunami, Thoughts

Kenapa Angka 4 dan 13 Sial?

Tulisan ini terinspirasi dari kunjungan saya ke rusunami akhir pekan lalu. Saat sedang naik lift dan nggak sengaja mengamati tombol penunjuk lantainya, saya baru menyadari kalau di rusunami saya nggak ada lantai 4, 13 dan 14.

Angka 13 sudah jamak diketahui sebagai angka sial. Tapi kenapa dengan angka 4? Kenapa ada mitos angka sial? Nggak ada salahnya kita tahu asal muasalnya. Dari pencarian lewat my best friend on internet, Google, beginilah hasilnya.

Mitos mengenai angka 13 berawal berabad-abad yang lalu. Rupanya mitos angka 13 cukup dekat dengan beberapa peristiwa dalam agama Kristen. Berikut beberapa mitos yang paling banyak disebutkan seperti dikutip dari berbagai sumber di internet:

– Bangsa Ibrani kuno menganggap 13 sebagai angka sial sebab huruf ketiga belas dalam alfabet Ibrani merupakan angka ‘M’, huruf pertama kata ‘mavet’, yang artinya mati.

– Last Supper yang termasyhur itu dihadiri oleh 13 orang. Judas adalah orang ke-13 yang hadir, dan belakangan dia menjadi murid Isa Al Masih yang berkhianat.

– Para Ksatria Templar ditangkap dan dieksekusi oleh penguasa Prancis pada tanggal 13 Oktober 1307. Tanggal yang jatuh pada hari Jumat tersebut pula yang kemudian berkembang menjadi mitos Friday the 13th.

Sementara angka 4 dipercaya sebagai angka sial oleh sebagian bangsa seperti Jepang dan China. Dalam bahasa Jepang angka 4 dilafalkan sebagai “shi” yang artinya kematian. Angka 9 pun dianggap sial karena lafal “ku” yang artinya kesedihan atau penderitaan. Sebaliknya angka 8 dianggap sebagai angka keberuntungan karena membentuk huruf kanji yang dianggap baik.

Namun karena tidak se-universal angka 13 tidak semua bangunan di Indonesia mempraktikkan mitos angka 4. Di gedung dimana kantor saya berada, misalnya, lantai 4 enggak dihilangkan. Bahkan, sehari-hari saya bekerja di lantai 4! Alhamdulillah tidak ada hal buruk yang menimpa saya atau rekan-rekan selantai selama kami bekerja.

Yang menarik di kepercayaan lain angka sial justru menjadi angka keberuntungan. Seperti dalam kepercayaan Sikh, yang menganggap 13 adalah angka baik sehingga hari rayanya selalu jatuh di tanggal tersebut.

So, apakah angka 4 dan 13 sial hanya mitos? Entahlah.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply