menu kwetiaw
Traveling

Kwetiaw Apollo Atau Polo Kalau ke Pontianak?

Setiap kali ke Pontianak, ada satu makanan khas yang nggak pernah absen kami cicipi. Makanan tersebut nggak lain dan nggak bukan adalah kwetiaw (mie tiau).

Buat yang belum tahu, kwetiaw adalah sejenis mie Tionghoa berwarna putih dan lebar yang terbuat dari beras. Mie tersebut biasa diolah dengan cara digoreng ataupun dimasak berkuah.

Kata om saya yang sudah sejak kecil tinggal di Pontianak kwetiaw terenak ada di Jalan Tanjung Pura. Tapi menurut referensi kuliner di televisi kwetiaw paling maknyes bisa ditemui di Jalan Pattimura. Namanya Kwetiaw Apollo.

Demi mengkonfirmasi referensi tersebut, berangkatlah kami ke Apollo malam itu. Letaknya persis di belokan. Di jalan, om saya sempat bercerita sedikit tentang keberadaan kwetiaw Apollo dan Polo.

menu kwetiaw

Menu kwetiaw-nya kakaaak 🙂

 

Kwetiaw Apollo sudah ada sejak tahun 1968, tapi beberapa tahun lalu pemiliknya yang adalah saudara yang pecah kongsi. Saudara yang memilih keluar pun membangun brand kwetiaw dengan nama Polo. Uniknya dari dulu sampai sekarang mereka membuka lapaknya bersebelahan!

Jadi sebelum sampai sempat ada pembicara dulu, tuh, mau masuk ke Apollo atau Polo. Tapi akhirnya pada malam itu kami memilih singgah ke Apollo.

kwetiaw

Kwetiaw goreng Apollo pakai daging sapi dan telur orak-arik

Lalu, bagaimana dengan rasa kwetiaw-nya? Dari penampakan, kwetiaw (gorengnya) terlihat semi kering. Waktu dirasain juga agak basah dan gampang hancurnya. Kalau di lidah saya sih kurang maknyes, ya!

Nah, karena pengalaman tersebut pada hari yang lain saya, ayah dan ibu memilih mencicipi Kwetiaw Polo. Walau agak lama pelayanannya (karena jam ramai-ramainya kayaknya), semua terbalas dengan rasanya.

Dibandingkan sebelumnya, saya lebih menyukai rasa kwetiaw racikan warung ini. Kwetiaw gorengnya digoreng kering dengan daging sapi yang besar dan matang sempurna. Pas deh di lidah. Untuk harga, kwetiaw sapi Polo dijual Rp 22 ribu seporsi.

Tapi balik lagi yang namanya makanan, untuk rasa tentunya tergantung selera. Yang jelas kalau ke Pontianak jangan lewatkan makan di dua tempat ini deh!

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply