stpetersburg2
Traveling

Melongok St Petersburg yang Cantik

stpetersburg2

Di mana kota tercantik di Rusia? Kalau saya pilih St Petersburg.

St Petersburg bisa dijangkau salah satunya dengan menggunakan kereta api cepat dari Moskow. Kalau di Rusia kereta model gini namanya Sapsan. Enak banget naik kereta ini. Lajunya kencang dan berjalan non-stop tanpa berhenti di stasiun-stasiun. Cuma, di atas kereta mereka tidak menjual makanan melainkan suvenir yang lumayan lucu-lucu dan terjangkau harganya.

Makan waktu 6 jam untuk sampai ke Petersburg yang letaknya di utara Rusia. Sepanjang jalan Anda akan disuguhi dengan pemandangan kota dan hutan yang kala winter diselimuti salju. Danau pun airnya membeku.

Sampai di St Petersburg suhu menggigit masih mendera. Padahal lihat handphone suhunya plus lho, tepatnya +9 derajat celcius. Tapi anginnya memang masih cukup kencang. Apalagi ketika pagi kami memulai tur.

Lokasi tur yang pertama adalah Hermitage, sebuah museum seni yang menjadi salah satu yang terbesar dan tertua di Eropa.

Hermitage terdiri dari lima bangunan megah yang salah satunya adalah Winter Palace, beberapa museum dan satu bangunan difungsikan sebagai kantor militer. Winter Palace dahulu digunakan sebagai kediaman resmi keluarga Tsar (pemimpin kekaisaran Rusia).

Kalau ada Winter tentu saja ada Summer-nya. Sayang, karena Peterhof di Summer Garden letaknya agak jauh dari pusat kota kami tidak sempat ke sana.

 

stpetersburg1

 

St Petersburg dilalui oleh sungai besar yang bernama Sungai Neva. Kalau Anda pernah nonton film “Jupiter Ascending”, sungai ini sempat disebut-sebut di adegan awalnya. Sungainya sangat lebar dan ketika itu airnya sudah membeku seluruhnya sehingga menyerupai arena ice skating.

Banyak bangunan di St Petersburg terlihat artsy dan terawat. Tidak heran karena di kota ini banyak sekali terdapat istana yang dibangun di zaman kekaisaran. Kalau lihat katalog obyek wisatanya yang memajang foto-foto St Petersburg di waktu summer, wih, cantik sekali. Sayang beribu sayang di Bulan November semuanya sudah memutih tertutup salju.

 

DSC_0712

 

Beranjak dari Hermitage kami juga sempat menyambangi The Blue Mosque atau dikenal juga sebagai Masjid Bung Karno. Sosok presiden pertama Indonesia tersebut memang sangat populer di Rusia termasuk di St Petersburg. Bahkan dari penuturan imam di masjid-masjid yang kami datangi, Bung Karno cukup berpengaruh terhadap perkembangan Islam di Rusia. Salah satunya, Bung Karno menjadi sosok penting bagi pembukaan kembali masjid berkubah biru ini setelah sempat ditutup dan difungsikan sebagai gudang oleh pemerintah era Komunis. Proud!

Sayang sekali kami tidak banyak menjelajah St Petersburg. Karena cuma 2 hari 1 malam di sana, lalu pulang ke Indonesia. Tapi jika melihat kondisi di sekitar, terlihat kota ini terawat dengan baik. Kota ini juga terlihat lebih modern dibandingkan Moskow ataupun Kazan. 

7 hari 6 malam di Rusia, ada banyak keindahan yang tidak terlalu kami ketahui sebelumnya. Kalau ada rejeki berlebih ingin sekali menjelajah Negeri Beruang Merah sekali lagi di musim semi. Spasiba, Russia! 

Previous Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply