paspor
Tips

Prosedur Pembuatan Paspor Online

Membuat paspor secara online tidaklah sesulit yang dibayangkan orang. Bahkan, seperti sifat online prosedurnya relatif lebih cepat.

Minggu lalu saya membantu ibu saya membuat paspor via pendaftaran online. Berikut tahapan-tahapannya:

1. Buka http://www.imigrasi.go.id
2. Pilih menu Layanan Publik dan klik Layanan Paspor Online
3. Pilih Pra Permohonan Personal dan isi form-nya. Kalau tidak tahu bagaimana mengisinya baca petunjuk pengisian layanan paspor online terlebih dahulu
4. Siapkan copy dokumen yang dibutuhkan dan attach dalam bentuk jpg: KTP, KK dan akte lahir/ ijazah/ surat nikah (tiga dokumen yang paling utama disertakan) saat diminta
5. Print tanda terima pra permohonan

Pada hari yang telah ditentukan dalam bukti pra permohonan, pemohon harus datang ke kantor imigrasi yang diinginkan. Beberapa kantor imigrasi, seperti misalnya Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Selatan punya daftar tunggu pemohon online yang sangat panjang.

Padahal di Kantor Imigrasi Jakarta Timur, pemohon online bisa datang mulai hari berikut setelah dia memasukkan pra permohonan. Atas dasar itu akhirnya saya memilihkan ibu pengurusan di kantor imigrasi Jakarta Timur di bilangan Cipinang (tepat di samping LP Cipinang).

Harinya sudah tiba untuk datang ke kantor imigrasi. Ketika melapor, terlebih dahulu kita diminta untuk mengisi formulir pembuatan paspor baru dan meminta nomor antrian pada petugas jaga di lantai 2.

Pada saat melapor di petugas jaga jangan lupa menyebutkan bahwa Anda pendaftar melalui online dan memperlihatkan tanda terima pra permohonan, karena nomor antrian untuk online dan non-online berbeda.

Pukul 8 pagi loket-loket dibuka. Datang jam 8 kurang sedikit, ibu saya mendapatkan antrian nomor 3 dan sudah dipanggil untuk menyerahkan formulir dan memperlihatkan asli serta fotokopi dokumen pendukung kurang lebih pukul 8.15 WIB. Cepat!

Aslinya, setelah menyerahkan formulir tersebut, proses berikutnya adalah foto paspor dan wawancara tiga hari setelahnya. Namun pada saat ditanya apakah bisa proses foto dan wawancara dilakukan pada hari yang sama ternyata BISA! Hanya, akan proses setelah pukul 13.00 siang.

Lumayan juga yah nunggu dari pagi sampai siang. Tapi daripada menunggu berhari-hari, sudah gitu harus bolak-balik, cara ini rasanya jauh lebih efektif. Jadilah kami menunggu.

Pukul 13.00 WIB loket pembayaran paspor dibuka. Total jendral biaya yang harus dikeluarkan pemohon adalah sebesar Rp 225 ribu. Ini lebih kecil dibandingkan biaya paspor saya dahulu (baca: Rp 270 ribu).

Setelah membayar paspor, proses selanjutnya adalah foto dan wawancara. Di sini waktu yang dihabiskan agak lebih panjang dibandingkan sebelumnya. Tapi nggak sampai berjam-jam kok. Sekitar pukul 14.00 WIB semua urusan kelar.

Paspor Ibu saya dijadwalkan selesai 3 hari kerja. Cepat dan mudah ya? Dan langkah-langkah ini dilakukan tanpa calo!

Jadi, ngurus paspor online? siapa takut!

Previous Post Next Post

You Might Also Like

1 Comment

  • kekenaima November 1, 2012 at 2:52 pm

    kl mempermudah asik ya bikin kita jd nyaman 🙂

  • Leave a Reply