balai makarti samping
Marriage

Pernikahan Saya (1)

Jika kamu dan pasangan sudah memutuskan untuk menikah, darimana memulai merencanakan pesta pernikahan? Memang tidak ada rumusnya. Namun menentukan anggaran pernikahan menjadi faktor yang pertama-tama harus diperhatikan.

Dari sana baru dapat kita tentukan dimana venue akan dilaksanakan, catering yang akan dipergunakan sampai seberapa mahal undangan atau suvenir yang akan dibuat.

Tanggal 1 Oktober 2011, Alhamdulillah, saya sudah melaksanakan pernikahan sekaligus pesta di hari yang sama. Karena saya dan pasangan tidak ingin membebani kedua orang tua, kami menggelar pesta pernikahan yang sederhana dengan jumlah undangan 350 saja.

Nah, bagi Anda yang sedang mempersiapkan pernikahan sederhana, berikut ini review pernikahan saya. Postingan akan terdiri dari beberapa bagian. Ini yang pertama. Mudah-mudahan bermanfaat!

1. Venue Pernikahan Balai Makarti Muktitama
Alamat: Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) Jl Taman Makam Pahlawan Kalibata No 17 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7993376 (Santi/ Rini)

Harga sewa: 4 juta rupiah (siang dan malam sama)*)
Charge: pelaminan dan entertainment
Buffet: minimal 600 porsi
Kapasitas: 800 orang
Biaya akad nikah di Masjid Al Muhajirin/ gedung: 300 ribu rupiah


Balai Makarti dari samping

Beberapa faktor mengapa Balai Makarti dipilih sebagai venue adalah karena kakak ipar saya bekerja di Depnakertrans, kapasitas gedung yang sesuai dengan jumlah undangan yang tidak terlalu banyak dan harga sewanya yang masih masuk dalam anggaran saya.

Sebelumnya saya sudah survey via internet beberapa gedung yang masih masuk anggaran, mulai dari Auditorium Departemen Pertanian, Gedung Bagda Depdagri, Padepokan Pencak Silat TMII, Griya Ardhya Garini sampai Aula Sudirman.

Dengan harga sewa yang sangat terjangkau, performance Balai Makarti pada pernikahan saya cukup memuaskan. Pihak yang menyewakan kooperatif. Fasilitas pun sesuai dengan informasi yang diberikan di awal. Jika harus mencari kekurangan yaitu ruang gantinya yang kurang memadai.

ruang ganti pengantin wanita

ruang ganti pengantin pria

Ruang ganti keluarga

Ruang ganti yang tersedia ada tiga. Dua ruangan untuk pengantin perempuan dan laki-laki dan satu lagi untuk keluarga. Karena ruang ganti keluarga/ panitia hanya satu, sementara panitia perempuan dan laki-laki tidak mungkin dicampur, terpaksa panitia laki-laki memanfaatkan ruang rias pengantin pria untuk mengganti baju. Sebagian bahkan ganti baju di selasar sekitar ruang ganti. Di ruang ganti perempuan pun kondisi AC kurang maksimal. Beruntung, tidak ada keluarga yang mengeluhkan kondisi ini.

Ruang ganti keluarga sebenarnya cukup besar dan sangat bisa difungsikan untuk perempuan dan laki-laki. Tinggal disekat. Minimal pakai gorden atau sketsel. Mudah-mudahan ada pihak Balai Makarti yang membaca postingan saya 😉

*) Informasi dari ibu Rini tahun 2012 harga sewa naik jadi 6 juta rupiah

Previous Post Next Post

You Might Also Like

3 Comments

  • mutia October 4, 2015 at 4:58 pm

    total biayanya berapa ya Dari sewa gedung sampai ketring nya

  • Nunik October 16, 2014 at 3:03 pm

    Kalau arah dari bandung naik angkutan umum naik apa ke arah sana ?

    • mels October 18, 2014 at 4:02 am

      Naik travel yang ke dewi sartika, jakarta timur. Dari jl dewi sartika bisa naik angkot warna biru M16, turun di seberangnya depnakertrans

    Leave a Reply