sertifikat-mutiara
Lifestyle

Pertama Beli Mutiara

Dulu, pandangan saya terhadap mutiara adalah perhiasan buat orang tua. Tapi ternyata ada banyak info yang kita tidak tahu.

Buat banyak perempuan mutiara mungkin tidak sepopuler emas atau berlian. Bentuknya yang bulat dan warnanya yang putih mungkin tidak banyak bisa di-mix and match buat anak muda pecinta fashion. Tapi ternyata saya salah.

Waktu ke Lombok, saya pun tertarik memiliki mutiara Lombok yang sudah terkenal sampai ke luar negeri. Namun perlu hati-hati saat membeli buat para pemula.

Di Lombok saya sempet mampir ke salah satu toko mutiara yang cukup banyak bisa ditemui di sekitar kota. Di sana dijual berbagai macam jenis mutiara air laut. Tapi kebanyakan mutiara yang dijual berasal dari laut dan beberapa jenis hasil budidaya (air tawar). Harga mutiara air laut sebutirnya jauh lebih mahal dibandingkan hasil budidaya.

Bagi pecinta mutiara, keduanya bisa dibedakan dari jauh walau untuk awam seperti saya rasanya sulit. Baru terasa bedanya saat disentuh. Dulu, saya tidak tahu kalau mutiara bisa dibudidaya. Kirain semua dari laut. Kasian, deh.

Warna alami mutiara bisa berwarna gold, hitam bahkan abu-abu. Padahal dulu saya kira yang berwarna selain putih palsu lho ternyata enggak. Bahkan mutiara warna hitam dijual dengan harga cukup tinggi.

Mutiara air laut dijual dengan sertifikat keaslian. Awalnya saya kurang ngerti fungsinya tapi kata si penjual kalau punya sertifikat di toko itu bisa tukar tambah dengan harga khusus (di toko itu juga). Kirain kayak beli emas batangan fungsinya. Saya pun membeli mutiara untuk liontin. Lumayan buat gantian sama yang sudah ada.

Di tempat lain saya membeli mutiara air tawar. Lucunya mutiara air tawar yang saya beli justru dikemas lebih menarik, dengan kotak transparan. Mungkin modalnya masih banyak jadi bisa produksi kemasannya hehe.

Tapi local guide mengingatkan untuk berhati-hati dengan mutiara (terutama air tawar) yang dijual. Soalnya sekarang sudah banyak mutiara “palsu” dari plastik yang berasal dari China. Nah, bagaimana membedakan yang asli dengan palsu? Ada yang bilang caranya dengan dibakar. Kalau barangnya gosong berarti dari plastik.

Yuk, ah bergaya dengan mutiara dari Lombok.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply