wahana snowbay
Traveling

Pilih Snowbay atau The Jungle?

Dahulu waterpark belum menjadi tujuan wisata utama di Jakarta. Mungkin masih kalah dengan mall atau tempat rekreasi seperti Dufan dan TMII.

Tapi sekarang nggak seperti itu lagi. Setelah Atlantis memudar, beberapa tahun ini bermunculan seperti Waterboom sampai kini ada The Jungle dan Snowbay.

Saya tidak hobi berenang. Tapi main di waterpark bisa menjadi pelampiasan penat yang cukup menyenangkan. Salah dua waterpark paling dikenal warga Jakarta saat ini adalah The Jungle dan Snowbay. Berikut perbandingan keduanya:

1. Harga tiket
Tiket masuk ke Snowbay dibanderol dengan harga 100 ribu (weekday) – 120 ribu (weekend). Cukup mahal. Sementara untuk masuk The Jungle Anda harus menyiapkan 40 ribu (weekday) – 60 ribu (weekend). Sangat terjangkau.

2. Akses
Dibandingkan The Jungle yang terletak di Bogor, Snowbay yang berada di kompleks TMII lebih terjangkau bagi warga Jakarta. Namun apabila Anda sedang sekalian berkunjung ke “Kota Hujan”, The Jungle bisa menjadi tujuan wisata yang menyenangkan.

3. Wahana
Di The Jungle ada Lazy River, Spiral Slide sampai Wavepool. Namun selain wahana air, The Jungle juga memberikan pilihan bermain yang lain seperti Birdpark dan Aquarium. Selain itu di area The Jungle terdapat juga Rumah Hantu, teater 4D sampai Drypark untuk bermain anak-anak. Relatif lebih beragam.

Sementara Snowbay menawarkan lebih banyak wahana permainan air seperti Cool Running, The Slide, Wave Pool sampai Hurricane. Di dalam Snowbay juga terdapat area bermain bungee trampolin dengan tarif main Rp 10 ribu. Namun tidak ada aquarium dan taman burung.

4. Kepadatan Saat Weekend
Karena menjadi idola, setiap weekend The Jungle hampir dipastikan akan padat. Antrian akan ditemui di banyak wahana, termasuk persewaan ban. Ditambah, tempat bilas yang super padat dan airnya (ketika itu) tidak mengucur dengan lancar.

Snowbay sebetulnya juga ramai saat weekend. Namun sepertinya jauh dari padat ya. Walau ada antrian naik wahana tapi relatif lebih lega. Tempat bilas juga luas dan sangat memadai. Untuk penggunaan ban, tidak ada tambahan biaya lagi.

5. Fasilitas Lainnya
Baik The Jungle maupun Snowbay sama-sama dilengkapi dengan loker untuk menyimpan barang, gazebo dan cabana untuk tempat beristirahat, serta foodcourt untuk mengisi perut. Untuk penggunaan loker, di Snowbay tersedia loker ukuran family yang relatif lebih besar dari ukuran personal.

Perbedaan cukup mencolok ada di sistem pembayaran yang dipergunakan di sana. Di The Jungle ada sistem smart tag yang harus di top-up dulu untuk menyewa ban dan loker yang menurut saya merepotkan. Hanya transaksi di food court yang menggunakan uang tunai.

Sekarang tinggal pilih, Snowbay atau The Jungle?

Previous Post Next Post

You Might Also Like

2 Comments

  • Wisata Wisata Di Jakarta | Tempat Wisata Indonesia May 3, 2015 at 9:59 am

    […] Pilih Snowbay atau The Jungle? Credit images Source […]

  • Garmin 1490t June 26, 2012 at 6:57 pm

    Thanks for your nice blog. I enjoy your writing.

  • Leave a Reply