Traveling

Pulau Simping, Pulau Terkecil dari Singkawang

Pada kunjungan saya yang kali ini ke Singkawang saya bertekad mengunjungi Pulau Simping.

Mengapa?

Informasi tentang Pulau Simping pada awalnya saya peroleh di blog-blog. Menurut klaim Simping merupakan pulau terkecil di dunia. Klaim ini juga bisa dilihat pada sebuah plang memasuki Pulau Simping. Padahal jika merujuk Wikipedia pulau terkecil di dunia bukan terletak di Singkawang.

Namun terlepas dari keabsahannya, julukan pulau ini benar-benar membuat pelancong seperti saya, misalnya, tertarik untuk mengunjunginya.

simping-pbb

Pulau Simping terletak di dalam kawasan wisata terpadu yang didalamnya diantaranya terdapat Rindu Alam, Zinka Zoo, Tanjung Bajau dan Pantai Pasir Panjang. Untuk memasuki kawasan ini pengunjung harus membayar Rp 20 ribu/ orang. Jika ingin melanjutkan ke Pulau Simping, pengunjung harus membayar Rp 15 ribu/ orang lagi.

Namun biaya-biaya tersebut sepadan dengan pemandangan yang ditawarkan. Pulau Simping terletak di tengah laut, dimana untuk
mengaksesnya pengunjung harus melewati jembatan dari bibir pantai. Di pulau seluas 1 hektar tersebut kita akan menjumpai pohon dan batu-batu. Tapi di dalamnya juga terdapat kelenteng berisi sesajen untuk peribadatan umat Konghucu.

simping-kolase

Jika bosan menjelajah Pulau Simping, pengunjung bisa nyantai di bibir pantainya. Di sana banyak warung yang menyediakan kelapa muda segar dan cemilan. Maknyes deh pokoknya!

Sayang, seperti halnya di beberapa obyek wisata yang saya kunjungi hari itu, kebersihan di obyek wisata ini juga belum terjaga. Di berbagai sudut masih banyak sampah bertebaran. Tong sampah pun minim saya temukan. Ini kayaknya jadi pe-er buat pengelola setempat.

Jadi, buat kamu yang sedang ke Singkawang jangan lewatkan kunjungan ke pulau ini ya!

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply