Movie, Review, Saya

Review ‘Interstellar’: Dua Sisi Perjalanan Antar Galaksi

Christopher Nolan sudah beberapa kali saya ulas karyanya di blog ini. Berawal dari ikut-ikutan kini karya Nolan selalu masuk daftar film yang harus ditonton.

Film terbaru Nolan, Interstellar, mengambil setting masa depan saat bumi berada dalam kondisi yang rapuh. Tokoh utamanya adalah Cooper (Matthew McConaughey) , petani yang tinggal bersama dua anak dan ayah mertuanya di perkebunan jagung luas namun kerap mengalami gagal panen akibat kekeringan.

Seperti banyak petani di wilayahnya, Cooper awalnya bukan petani namun terpaksa banting setir agar keluarganya bisa makan setiap harinya.Cooper adalah eks astronot NASA yang tidak pernah surut ketertarikannya pada teori-teori tentang alam.

Pada suatu siang ketika badai menyerbu rumahnya ia dan putrinya mendapatkan pertanda dari alam. Pertanda itu berupa koordinat sebuah lokasi yang misterius. Penasaran, Cooper pun mencari koordinat tersebut dan mendapati bahwa dia ada di kantor NASA.

NASA memiliki mega proyek dengan tujuan mencari planet yang memiliki spesifikasi seperti bumi di luar sana. Planet tersebut bakal diproyeksikan sebagai habitat baru manusia pengganti bumi yang mulai tak layak sebagai tempat tinggal. Masalahnya, NASA tak memiliki sosok yang tepat untuk memimpin sekelompok akademisi yang baru belajar jadi astronot.

Hingga Cooper datang.

Sempat didera dilema, Cooper menyanggupi untuk melakoni perjalanan antar galaksi dan meninggalkan keluarganya.

73263be843c48fd717f63e0625043ba3_interstellar_poster
Film berdurasi 3 jam ini dijamin akan memanjakan akal pikiran para penikmat sains. Mulai dari teori gravitasi,relativitas hingga lubang cacing (wormhole) yang misterius dibahas habis.

Di sisi yang lain yaitu bagi anda penikmat drama seperti saya tetap ada (banyak) adegan manis yang mengundang senyum ataupun menyulut air mata.Tentang kedekatan ayah dan anak-anaknya yang tidak berbatas ruang dan waktu. Tentang harapan dan cinta yang tidak pernah luntur. Walaupun klise adanya tapi ditempatkan secara tepat oleh Nolan.

Tepat juga adanya McConaughey di film ini. Dia sudah berlari sangat jauh dari perannya di film komedi romantis “How To Lose a Guy in 10 Days” dengan “The Dallas Buyers Club” yang membuahkan Piala Oscar. Pun dengan Matt Damon, the villain. Dan si cantik tomboy Anne Hathaway sebagai Amelia Brand. All spot on.

Nolan lagi-lagi menyuguhkan film cerdas yang sarat makna. Nonton saja, dan anda akan tahu yang saya maksud 🙂

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply