Movie, Review

Review ‘Modus Anomali’: Thriller Indonesia Rasa Barat

 

Anomali menurut Wikipedia adalah penyimpangan atau keanehan yang terjadi atau dengan kata lain tidak seperti biasanya. Untuk film produksi Indonesia, Modus Anomali adalah penyimpangan. In a good way.

Seorang pria bangkit dari kuburan di tengah hutan tanpa ingat siapa dia dan mengapa dia ada di sana. Secara perlahan pria bertato ini tahu bahwa namanya John Evans (Rio Dewanto) dan dia memiliki seorang istri dan dua anak yang menyayanginya.

John tiba di sebuah kabin dan mendapati kamera video yang siap diputar. Betapa terkejutnya ia ketika yang didapati di dalamnya adalah adegan pembunuhan sang istri.

Siapa yang mengubur John? Siapa yang tega mencabut nyawa istrinya? Kemana dua anaknya pergi? Hmmm…

Pertanyaan-pertanyaan ini akan terjawab satu per satu sepanjang filmnya. Namun sebetulnya tidak semua terjawab. Karena film ini masih menyisakan teka-teki yang saya tidak paham jawabannya. Hal tersebut membuat saya menebak-nebak bahwa film ini akan menjadi trilogi, punya prekuel atau apapun itu.

Untuk sebuah film bergenre thriller produksi Indonesia, film karya Joko Anwar ini jelas sebuah anomali. Itu jika dibandingkan film horor, hantu atau mistik yang hanya menjual sensasi.

Penggunaan Bahasa Inggris sepanjang film menambah rasa barat lain yang menurut saya cukup berani. Sebab tidak ada petunjuk yang cukup gamblang menjelaskan jika film ini mengambil latar di luar negeri (kecuali kartu identitas John dan plat mobilnya). John juga tidak memakai cincin di jari manis kiri dan mengendarai mobil yang setirnya ada di kiri –seperti lazimnya orang barat di film 😀

Terlepas dari itu akting Rio Dewanto patut diacungi jempol. Sangat berbeda dibandingkan penampilannya di FTV S*TV. You must loved him after this.

Jadi, apakah Anda menyukai thriller psikologis penuh teka-teki? Berarti Anda harus menyaksikan film ini.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply