busway koridor IX
Traveling

Rute Busway Koridor IX: Lewat Tol via Jalur Macet

Iya, pengalaman naik bus Transjakarta (lebih dikenal dengan sebutan busway) yang lewat jalan tol itu saya alami saat menjajal rute koridor IX yang baru dibuka 31 Desember 2010 lalu.

Hari itu saya janjian sama Jenong di Pluit. Nggak seperti malam minggu sebelumnya kami mau makan malam di Pasar Ikan Muara Karang. Karena kantornya Jenong di Jakarta Utara, jadilah saya nyusul ke sana pakai busway. Sekalian nyobain koridor baru maksudnya.

Busway yang saya tumpangi mulai dari pinang ranti itu berangkat pukul 3.30 sore. Alhamdulillah, masih dapat duduk nih. Di halte pertama, Tamini Square, bus mulai ramai. Setelah bergerak lagi, eh, tak disangka, sopir nggak terus menuju Jl Raya Bogor melainkan membelokkannya ke pintu masuk tol UKI. Mantap, busway-nya lewat tol! Berarti bus ini tidak melalui Pasar Kramat Jati yang ajubilah macetnya!

Keluar di UKI, bus kembali melewati jalurnya. MT Haryono, Pancoran, Gatot Subroto dilalui. Wih, nggak kebayang kalau ini hari kerja. Mengingat jalur itu jalur nerakanya jakarta. Di Semanggi bus mulai agak lenggang. Ya iyalah, di seberang ada Plaza Semanggi, mall kedua yang dilewati jalur ini.

Namun jalan lancar busway ini mulai tersendat begitu melalui Slipi. Dan makin antri saat mendekati Taman Anggrek (mall) dan Central Park (mall lagi!) di sebelahnya. Saya kembali membayangkan betapa padatnya jalur ini kalau malam minggu tiba. Dan benar saja, malam belum tiba saja busway ini masih tersendat sampai Grogol.

Jalannya bus berbahan bakar BBG ini mulai kembali lancar selepas Grogol hingga memasuki kawasan Pluit. Tak terasa satu setengah jam sudah perjalanan saya hingga Pluit Village (dulu Mega Mall Pluit) tampak di depan mata saya. It’s time to move my ass!

Pengalaman saya melewati koridor IX hari itu cukup memuaskan. But, mengingat strategisnya jalur yang dilewati maka tanpa armada yang memadai dan sterilisasi, jalur ini akan jadi nerakanya pemakai busway. Nunggu lama, desak-desakan, dan masih kena macet juga di beberapa tempat. Apalagi per Februari banyak bus reguler yang rutenya bersinggungan akan dihapus. Jadi busway akan menjadi satu-satunya opsi dari banyak pemakai angkutan umum.

Mudah-mudahan koridor ini tetap nyaman sampai nanti. Semoga!

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply