Lifestyle, Rusunami

Suka Duka Laundry Kiloan

Hmmm karena sudah berjanji pada diri sendiri untuk meng-update blog ini setiap hari Selasa, kali ini saya akan bercerita tentang laundry kiloan.

Laundry kiloan bagi saya dan suami saat ini merupakan kebutuhan yang tidak terelakkan.

Pertama, karena space unit yang sempit sehingga sangat menyulitkan kalau kita memiliki mesin cuci dan membutuhkan area menjemur. Kedua, karena tidak tersedia waktu yang cukup untuk mencuci dan menyetrika di antara kesibukan bekerja. Ketiga, ini faktor pendukung yang cukup menentukan, saya sebut saja malas. Toleransi kemalasan saya rasanya hanya sampai mencuci pakaian dalam saja.

Jadi selama kurang lebih satu tahun tinggal di Kalibata City saya sudah mencoba empat kios laundry kiloan. Saya sebut saja kios A, B, C dan D.

Kios A saya pergunakan jasanya kurang lebih empat minggu pertama saya tinggal di Kalcit. Tapi minggu kelima saya memutuskan untuk pindah karena jadwal pengambilan baju yang di-laundry SELALU molor dari janjinya. Misalnya janji selesai dalam tiga hari, eh, baru bisa diambil di hari kelima.

Saya pindah ke kios B dengan pertimbangan ketika itu karena lokasinya yang cukup dekat dengan tower saya dan karena kios ini menjanjikan waktu selesai nyuci yang lebih cepat dibandingkan yang lain. Beberapa bulan saya cukup puas dengan hasilnya sampai kemudian saya mengalami kejadian nggak enak: baju cucian saya tertukar. Dua kali. Bahkan yang kedua kali ini belum jelas juntrungannya. Deuh!

Saya pun pindah ke kios C, yang letaknya bersebelahan dengan kios B ini. Kios ini lebih menjanjikan karena tepat waktu, cuciannya cukup bersih dan wangi dan setrikaannya lumayan. Kios ini pun menjadi langganan saya cukup lama bahkan sampai sekarang. Walau demikian saya mulai berpikir untuk mencari laundry kiloan lain setelah baru-baru ini salah satu kaos rumah kesayangan saya kelunturan! Hufft!

Kios yang kemarin saya coba lagi adalah kios D. Letaknya ada di tower saya. Pelanggannya buanyak. Sampai dengan hari ini kios D ini masih bergantian dengan kios C sebagai langganan saya. Kelemahan kios ini ada di waktu pengambilan pakaiannya yang tambah lama (4 hari). Walaupun untuk kebersihan cukup baik. Hhhhhhhhhh!

Boleh dibilang hubungan saya dengan laundry kiloan bisa diibaratkan dengan pepatah benci tapi rindu. Benci kalau ternyata pakaian yang kami percayakan tidak dicuci dan disetrika sesuai harapan. Tapi rindu berat kalau mereka tutup di akhir pekan.

Jadi gimana dong, apa mesti nyari kios laundry kiloan kelima? Atau lebih baik nyuci sendiri, nih?

Previous Post Next Post

You Might Also Like

10 Comments

  • unik karlita December 1, 2014 at 12:10 pm

    Saya malah pernah londry… Eh ternyata pas mau diambil londrynya udh over kontrak sewa kiosnya parah… Itu d tower F kayaknya kalo gasalah…

    • mels December 1, 2014 at 3:04 pm

      Hehehe itu mah parah mba, coba di telp aja yang punya laundry minta pertanggungjawaban.

      • farah fitriani December 1, 2014 at 3:18 pm

        laundry di tower saya juga pernah begitu tuh, pas mau diambil laundrynya udah ga ada. kalo emang mau pindah ngapain mereka masih terima deh. kadang2 bisa banget ngebetein orang hufftt

  • farah fitriani December 1, 2014 at 11:43 am

    wah mbak, makasih postingannya, saya jadi mau posting serupa. saya udah pake jasa dua laundry di kalci. satu itu madani. ini selalu molor dan kalo janji nganter sering ga nganter. daripada saya makan ati, akhirnya saya ganti ke laundry kucek magic. ini awalnya sy suka, lama kelamaan saya bete karena barang saya sering ketukar, ky saya laundry bed cover ternyata yg dianter bed cover orang lain, dah gitu kali ini saya laundry mukena dan ga dianter juga. hopeless banget deh. tadinya saya mau cuci sendiri tapi krn malas nyetrika dan gantungan jemuran kamar saya rusak jadi skr ga cuci sendiri. enaknya pake laundry apa ya mbak?

    • mels December 1, 2014 at 3:04 pm

      Hi mba farah, trims sudah berkunjung. Tergantung ada di tower apa mbaknya, kalau di tower saya lagi suka sama beach laundry soalnya cukup bersih dan gak maksain beres sehari kalau lagi musim hujan begini. Jadi baju tetap harum. Ada teman di tower sebelah yang nggak pake laundry kiloan di sini lagi mba, tapi dia titip cuci di luar kalcit. Katanya dia sih bagus.

  • jual tas obrok murah March 6, 2014 at 4:58 am

    semoga di beri kemudahan dalam segala urusananny bu…. salam TAS MOTOR DELIVERY

  • Dela September 18, 2013 at 5:40 am

    Hallo, Mbak! Artikelnya pas bgt dengan kejadian yg saya alami hari ini. Sbg penghuni baru, coba2 laundry di Laundry L yg sgt mengecewakan. Stlh hijrah dr laundry L ke laundry H, ternyata baju2 putih kami warna nya jd abu2 🙁 pdhal sy sdh wanti2 spy cucinya dipisah. Sekali dua kali ya sdhlah.. mungkin lupa. Tp yg terakhir ini sdh tiada maaf lagi. Ada rekomendasi laundry yg bagus kah? Terima kasih banyak sblmnya. Maaf lho, Mbak.. Jd curhat hehehe..

    • mels September 19, 2013 at 4:20 am

      Hai mba dela, sekarang saya lagi seneng nyuci di laundry kiloan yang cuman sehari jadi di tower borneo. Sejauh ini baik-baik aja sih, cucian lumayan bersih dan rapi, dan kalo dia ga bisa sehari karena banyak cucian biasanya ngasi tau. Tapi cocok-cocokan juga sih, coba2 aja ke beberapa laundry 🙂

  • Nike November 14, 2012 at 4:58 am

    Saya malah belom pernah nyobain sih, mbak kecuali untuk nyuci bedcover yang berat-berat. Untuk pakaian keluarga secapek-capeknya dikerjain sendiri, sering disambi sama ngerjain yang laen :p

  • kekenaima November 13, 2012 at 3:00 pm

    sy pernah marah sm laundry kiloan krn selimut kesayangan anak sy sp tertunda berminggu2..

  • Leave a Reply