DSC_0281
Traveling

Taksi Yaris di Jalur Pontianak-Singkawang

 

Taksi Yaris

Penampakan Taksi Yaris

 

Seperti sudah saya sebutkan sebelumnya dalam kunjungan kali ini saya, ayah dan ibu akan menghadiri pernikahan sepupu di Singkawang.

Namun pada hari yang ditentukan hanya saya dan ibu yang pergi naik kendaraan umum ke Singkawang, sementara ayah akan berangkat keesokan harinya bersama keluarga om Gugus. Kata om yang mengurus perjalanan kami akan ke sana naik taksi.

Dalam benak saya naik taksi berarti naik sedan dengan argo. “Wah, sewanya mahal tuh kayaknya,” pikir saya. Tapi om yang memesankan taksi bilang taksinya nggak kayak taksi di Jakarta karenanya biayanya di-charge per kepala sebesar Rp 80 ribu.

Oh, mungkin maksudnya naik travel. Tapi betapa kagetnya saya ketika mengetahui travel yang akan mengantar kami keesokan harinya ke Singkawang adalah mobil kecil Toyota Yaris.

Kendaraan travel dalam benak saya selalu kendaraan niaga macam Isuzu Elf atau KIA Travello. Dulu, saya pernah naik travel dari Denpasar ke Surabaya dengan Elf. Begitu pun kalau ke Bandung (dan sebaliknya) nggak pakai kendaraan pribadi pasti naiknya mobil niaga bermerk Jepang tersebut.

Namun di jalur Pontianak-Singkawang Yaris rupanya menjadi alternatif travel apabila penumpang yang diantar jumlahnya hanya sedikit (maksimal 3 orang). Kalau lebih dari itu biasanya travel akan menawarkan Toyota Innova.

Ketika jam yang ditentukan sudah tiba, Yaris hitam dengan eksterior velg dan cat bernada racing itu tiba di depan rumah om Gugus. Saya semakin kaget ketika melihat supirnya. Masih muda! Umurnya mungkin baru 25 tahun. Gaya berpakaiannya juga nggak mencerminkan gaya supir mobil travel.

Gampang ditebak, supir travel ini menyetir kayak anak muda kebanyakan: ngebut. Tangannya kadang juga sibuk pegang handphone dan menelpon. Duh, bikin deg-degan juga nih. Tapi Alhamdulillah setelah kurang lebih 3 jam perjalanan kami sampai Singkawang tanpa hambatan berarti.

Memang penggunaan mobil selain kendaraan niaga sudah sering sekali kita dapati. Di jalur Jakarta-Bandung, misalnya, sudah ada travel yang menggunakan mobil mewah Toyota Alphard. Bahkan, sudah pernah ada taksi yang menggunakan mobil merk Ferrari –walau kemudian menjadi kontroversi.

Kalau dalam pemikiran awam saya, pilihan agen travel untuk menggunakan Yaris adalah karena mobil mungil itu gampang diajak bermanuver dan lajunya kencang. Intinya sih biar nyampenya lebih cepat. Penumpang pun nyaman naik mobil ini karena isinya yang tidak banyak.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply