Kaktus zebra setelah 1 bulan
Lifestyle, Rusunami

Tanaman Apa yang Cocok di Rusunami?

Pertanyaan itu menggelitik telinga saya tiap kali melihat foto taman yang lucu di Instagram orang lain. Walaupun saya bukan penggemar tanaman tapi kepengen jugalah punya yang ijo-ijo di unit.

Tapi, keinginan tentu saja tidak semudah itu bisa diwujudkan. Apalagi dengan segala keterbatasan: ruang untuk menaruh pot, sinar matahari yang cuma seuprit aja nyampe balkonnya, sampai soal perawatan. Eww, nggak kebayang yah ulik-ulik tanah dengan pupuk dari kotoran hewan.

Banyak banget alasannya. Jadi sebenernya pengen punya tanaman gak sik? Ya pengen dong. Mangkanya waktu lagi iseng jalan-jalan di mall kompleks berbinarlah mata ini melihat ada pameran tanaman hias. Mungkin karena jualannya di apartmen, tanaman yang dijual simbaknya imut-imut semua kayak yang mau beli *mendadakmual*. Maksudnya, mini-mini dalam pot. Mulai dari bonsai sampai kaktus.

Ya ampun kaktus. Dulu pernah diberi ibu dari salah satu koleksinya waktu baru pindah ke unit dan umurnya cuma beberapa hari saja. Langsung tewas overdosis panas karena ditaruh di balkon dekat kipas AC. Maaf ya kak.

Dari pengalaman itu akhirnya saya nggak mau beli kaktus. Saya langsung kesengsem sama pot mungil dari bahan plastik (sengaja bukan batu bata biar nggak ringkih) berisi tanaman (mirip) aloe vera. Apalagi simbaknya pinter promosinya, dia bilang tanaman ini paling cocok di apartmen karena kalau malam dia nggak berfotosintesis jadi nggak perlu dibawa keluar dan juga bisa menyerap racun dalam rumah.

Etapi itu bukan aloe vera! Simbaknya bilang itu kaktus tapi jenis zbrsmnzbz (nggak ngerti). Karena penasaran saya cari tuh di internet dan mendapat tanaman jenis ini adalah keluarga kaktus yang disebut kaktus zebra. Nama latinnya Haworthia Attenuata. Ehm, emang kalo diperhatiin meman ada garis-garis zebranya –walau di internet lihat ada jenis lain yang lebih cantik dan lebih mirip kulit zebra penampakannya.

Anyway, sudah hampir satu bulan tanaman ini tumbuh cantik di atas kulkas bersanding dengan pigura-pigura. Perawatannya cukup sederhana: siram aja dua hari sekali dengan air ukuran setengah gelas Aq**. Kata simbaknya tanaman ini mendingan kekeringan daripada disiram air kebanyakan.

Tumbuh terus ya zebraku, we love you!

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply