Saya

The Happening

Dari semua genre film yang ada, horror/thriller adalah genre yang paling gue nggak demen. Alasannya simple, buat apa ngluarin uang untuk melihat film yang bikin kita takut? Boro2 terhibur. Tapi karena terbujuk rayuan temans, untuk pertama kali setelah beberapa tahun gue nonton lagi film thriller di bioskop.

Judulnya The Happening. Film yang skenarionya dibuat oleh M. Night Shyamalan yang tersohor dengan Sixth Sense dan Unbreakable itu bercerita tentang sebuah fenomena mengerikan yang bermula di Central Park di kota New York.

Nggak ada hujan –cuma ada angin yang kencang– tiba2 banyak warga New York melakukan bunuh diri. Ada yang menusuk diri dengan senjata tajam, atau menjatuhkan diri dari gedung bertingkat. Virus berbahaya pun ditengarai sebagai penyebabnya.

Fenomena tersebut tak pelak menakutkan warga di kota lain di Pantai Timur AS. Elliot Moore adalah salah satunya. Guru Biologi di sebuah Sekolah Menengah Atas di Philadelphia tersebut buru2 mengajak istri dan bersama keluarga sahabat gurunya di sekolah untuk meninggalkan tempat tinggalnya.

Namun, di tengah perjalanan dengan kereta mereka dipaksa berhenti di sebuah kota antah berantah. Terdampar, Elliot, istri, dan anak sahabatnya dipaksa untuk survive dari serangan dari musuh yang mereka sendiri tidak tahu.

Jujur, gue nggak happy nonton film ini. Gambarnya kadang sering mempertontonkan adegan sadis. Highly not recommended buat ditonton anak di bawah umur. Ceritanya pun bikin kesal. Kalau musuh mereka adalah psycho bersenjata kapak, pembunuh berkedok polisi, atau hantu gentayangan, mungkin gue nggak akan sekesal itu karena sepanjang film dibikin kaget terus. Tapi kali ini musuhnya “abstrak”. Secara penokohan film ini pun biasa banget.

Setelah keluar dari bioskop gue pun menduga apa moral of the story film ini. Satu yang gue pikir paling masuk akal berangkat dari pertanyaan salah satu teman: Kenapa ya di masa depan dunia selalu digambarkan mengerikan?. Well, mungkin film seperti ini adalah peringatan bahwa di masa sekarang manusia sudah sangat sering berlaku seenaknya pada sekitarnya. Di masa depan gantian mereka yang tersakiti yang membalas dendam. Ngeri, ya!

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply