pasfoto jilbab baru
Tips

Tips Membuat Visa Amerika Bagi yang Berhijab

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan kesempatan istimewa dari pak bos. Tanyanya, “Mel, kamu mau ke Amerika nggak?” Whoa! Kesempatan langka itu tentu sayang dilewatkan, dan tanpa banyak pertimbangan saya pun mengiyakan.

Tetapi setelah mengiyakan saya bimbang sendiri, “Apakah suami mengizinkan?”, “Apakah saya bisa mendapatkan visa Amerika? Secara saya kan berhijab/ berjilbab.”

Alhamdulillah, semua terjawab “YA” sampai akhirnya saya mendapatkan visa Amerika –dan pergi ke Amerika– awal Mei yang lalu.

Bagi hijabers, berikut tips membuat visa Amerika:

I. Ikuti prosedur pembuatan visa Amerika

Semua prosedur pembuatan visa Amerika bisa dilihat di http://indonesian.jakarta.usembassy.gov/id/visas/mengajukan_visa.html

Tapi sebelumnya siapkan kelengkapan identitas kamu seperti KTP, paspor, surat rekomendasi (kantor dan pengundang) apabila pergi ke Amerika untuk keperluan pekerjaan, slip tabungan tiga bulan terakhir –kalau diperlukan.

Kedua, pastikan isi formulir visa sesuai visa yang mau kamu apply. Jika visa yang di-apply membutuhkan persyaratan yang lebih dari yang saya sebutkan di atas, maka disiapkan sebaik-nya.

Ketiga, Siapkan foto berhijab kamu yang memperlihatkan jidat dengan jelas. Jangan khawatir, kuping boleh tertutup jilbab. Namun pastikan wajah kamu terlihat jelas walau rambut dan telinga tertutup. Ini foto yang saya gunakan untuk visa Amerika.

 

pasfoto jilbab baru

 

Di banyak referensi bilang, lebih baik bikin foto di daerah Sabang, di mana bertebaran kios foto yang sudah hapal cara mengambil foto visa Amerika untuk perempuan berhijab. Tapi karena pertimbangan jarak, saya bikin foto di Pasar Minggu. Asal background warna putih dan persyaratan jidat di atas jelas rasanya foto visa tidak akan menjadi masalah.

Setelah semua formulir sudah diisi lengkap, cetak confirmation letter.

II. Bayar visa

Jangan lupa sebelum ke BANK, cetak granted letter untuk pembayaran visa yang bisa diperoleh di http://www.ustraveldocs.com/id_bi/id-niv-visafeeinfo.asp

Saya memilih membayar visa di Standard Chartered sebab menurut CS di bank lain (Bank Permata) pembayaran di mereka akan membutuhkan waktu sd 3 hari sebelum bisa membuat janji wawancara, sebab uang akan ditransfer ke Standard Chartered. So, mendingan langsung ke Stanchart kan?

Oh ya, pembayaran non-refundable alias tidak bisa kembali uangnya.

III. Buat janji wawancara visa di kedubes Amerika

Linknya bisa dicek di http://www.ustraveldocs.com/id/ . Biasanya janji wawancara bisa dibuat 1×24 jam setelah pembayaran visa di Standard Chartered.

IV. Saat memenuhi panggilan wawancara pastikan ikuti prosedur di kedubes
Itu termasuk hadir ke kedubes pada waktu yang ditentukan. Jika Anda mendapatkan jadwal wawancara pada gelombang I, datang setengah jam sebelumnya saja –jangan terlalu cepat karena Anda akan disuruh menunggu di luar gerbang, yang tidak ada kursinya.

V. Banyak senyum
Kata teman yang sudah pernah bolak-balik apply visa Amerika, di kedubes yang jutek dan judes itu kebanyakan petugas asli Indonesia bukan bulenya. Tapi saya mendapati petugas Indonesia dan bulenya sama baiknya kok. Dan cukup helpful. Pokoknya asal persyaratan sudah Anda kantongi, semua lancar.

IV. Tadaa, visa Amerika pun di tangan
Kurang lebih 2 hari setelah wawancara visa memutuskan Anda mendapatkan visa Amerika, Anda sudah bisa mengambil paspor yang telah diberi visa. Lokasi pengambilannya di kantor FEDEX sekitar Casablanka, Jakarta Selatan.

Sudah dapat visa? Saatnya menikmati Amerika!

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply