kremlin di kazan 1
Traveling

Traveling Halal di Rusia? Ke Kazan Aja

Rusia nggak cuma punya Moskow. Itu inti perjalanan kali ini. Bahkan St Petersburg yang tadinya saya tahunya bagian dari Moskow ternyata kota yang masih 6 jam naik kereta cepat dari ibukota Rusia itu. Apalagi Kazan ya?

Kazan adalah sebuah kota di selatan Rusia yang geografisnya dekat dengan Asia Tengah. Kota ini adalah ibukotanya Republik Tatarstan, salah satu negara bagian yang besar di Federasi Rusia. Mayoritas penduduk beretnis Tatar, bukan Rusia. Yang istimewa 50 persen penduduknya beragama Islam.

Untuk mencapai Kazan, Anda bisa menggunakan pesawat dari Bandara Demodedovo Moskow. Waktu itu saya dan rombongan naik S7, salah satu budget airline Rusia. Walau budget tapi dapat sandwich yang lumayan enak secara gratis. Pramugari cukup ramah, mendaratnya smooth. Value for money deh.

Sesampainya di Kazan kita bakal bisa melihat kalau kota ini berbeda. Masih banyak bangunan tua –walau di Moskow juga masih banyak bangunan peninggalan zaman Komunis, ritme hidup lebih santai dan less crowded. Tapi kalau untuk cuaca? Brrrr. Di sini masanya saya kedinginan sampai kulit karena selain suhunya menyentuh -11 derajat celcius, anginnya juga heboh kencangnya. Asli, gak berani lama-lama di luar bangunan atau bus.

Ada apa aja di Kazan? Kremlin ikonnya. Kremlin Kazan termasuk World Heritage alias situs yang dilindungi. Di dalamnya ada kantor pemerintah, museum dan Masjid Kul Sharif yang berkubah biru. Cantik banget.

 

Masjid Kul Sharif

               Masjid Kul Sharif

 

Di Kazan masih banyak ditemui pengaruh Asia Tengah. Misalnya soal makanannya yang juga banyak bisa kita temui resto Uzbekistan di sana. Nggak heran ya soalnya dulu Uzbekistan kan bagian dari Uni Sovyet (yang sekarang jadi Federasi Rusia).

Satu hal yang saya senangi dari Kazan adalah kota ini termasuk kota pelajarnya Rusia. Jadi banyak anak muda yang seliweran. Di masjid bahkan imam yang memimpin Shalat Jum’at masih muda sekali. Dan plusnya lagi ganteng hahaha *salahfokus. Lumayan lah buat cuci mata.

 

Tur di Masjid Kul Sharif

                     Tur di Masjid Kul Sharif

 

Kremlin bertembok putih

                     Kremlin bertembok putih

 

Selain itu kota ini juga termasuk ibukota olahraganya Rusia. Ada kolam renang gede dan pernah gelar olimpiade olahraga aquatik juga. Kota ini juga akan jadi salah satu kota host Piala Dunia 2018 di Rusia.

Kalau ke Kazan jangan khawatir merasa garing karena kota ini masih hidup sampai malam. Kalau mau nongkrong cantik arahkan aja langkah ke Bauman Street. Jalan ini dipenuhi deretan resto, toko pakaian dan suvenir.  Banyak juga hotel di sekitar pedestrian ini buat Anda yang ingin menginap di kawasan yang ramai.

 

Kazan dilihat dari Kremlin

                       Kazan dilihat dari Kremlin

 

Sayang keberadaan kami cuma satu hari satu malam. Walaupun singkat tapi kunjungan ke Kazan sungguh tak terlupakan.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply