Sports

Welcome World Cup 2010

Tinggal dua hari lagi bakal digelar perhelatan sepakbola terbesar di dunia, Piala Dunia 2010. Tahun ini Piala Dunia ekstra spesial karena dihelat untuk pertama kali di benua Afrika. Lalu siapa yang akan menjadi juara di Afrika Selatan?

Sebagai fans tradisional Italia kali ini gue memilih untuk tidak menjagokan juara dunia 2006 tersebut. Kali ini gue mencoba obyektif karena melihat undian yang menempatkan Azzurri di grup yang kurang menguntungkan.

Di babak penyisihan grup, Italia tergabung di Grup F bersama dengan Selandia Baru, Paraguay dan Slowakia. Di atas kertas, Fabio Cannavaro cs bakal mudah melenggang ke perdelapan final. Sepertinya hanya Paraguay yang bisa mencuri angka bahkan menjegal Italia. Apalagi di pertandingan persahabatan jelang piala dunia, tima asuhan Marcelo Lippi yang berujicoba melawan negara latin, Meksiko, kalah 1-2. Jangan-jangan Italia masih kesulitan menanggulangi permainan indah negara latin.

Jika lolos sebagai juara grup, Italia bakal menghadapi runner-up Grup E yang menurut prediksi gue bakal dipegang Kamerun. Ini sulit tapi mungkin bisa dilewati. Seingat gue terakhir kali Italia menghadapi tim dari benua Afrika di turnamen besar adalah melawan Nigeria di AS 1994. Waktu itu Roberto Baggio cs menang 2-1 aja.

Kalau sampai gagal jadi juara grup, Italia bakal susah. Soalnya juara Grup E kemungkinan besar adalah Belanda. Walaupun belum pernah jadi juara dunia, tapi Belanda kali ini beda. Wesley Snijder cs adalah tim Eropa pertama yang lolos ke Afsel dengan rekor pertandingan sempurna di babak kualifikasi. Belanda bisa menjadi batu sandungan. Tapi kalau pun lolos, Brasil yang bakal jadi batu sandungan di semifinal.

Prediksi gue Italia memang bakal stop di semifinal. Kenapa? Karena di sini sudah menunggu pemenang dari grup-grup yang diantaranya berisi Brasil dan Spanyol. Kalau ketemu Spanyol. Kamu masih ingat kan yang terjadi di pertemuan Italia v Spanyol terakhir di Euro 2008? Italia kalah adu penalti. Kalau ketemu Brasil? Ini mungkin lebih gampang ditebak, karena Italia belum pernah menang lagi lawan tim Samba sejak tahun 1982.

Brasil bakal melaju ke final dari grup yang lain. Dan siapapun penantangnya Kaka cs masih gue prediksi jadi juara di Afsel. Sekali lagi juara di benua baru. Seperti delapan tahun yang lalu.

There you go. The ball maybe round, but this is world cup. They said history always repeats. Welcome World Cup 2010!

Previous Post Next Post

You Might Also Like

1 Comment

  • Viva La Furia Roja | My Simple Thoughts December 13, 2010 at 2:10 pm

    […] melewati Jerman (1-0) dan Paraguay (1-0) di perempat final. Adapun Brasil yang saya jagokan di posting sebelumnya di luar dugaan keok dari Belanda (2-1) di perempat […]

  • Leave a Reply