izmailovo 5
Traveling

Winter di Moskow yang Tak Lagi Misterius

izmailovo 5

Sebelumnya nggak pernah ngimpi bisa menjejakkan kaki di Rusia. Pun, sampai ke tiga kota. Tapi kalau udah rejeki nggak kemana.

Moskow sebagai pintu gerbang Rusia dari luar negeri saya sambangi pertengahan November tahun lalu. Kala itu Moskow lagi lumayan dingin: -5 derajat celcius.

Jadi, untuk pertama kali sayapun menikmati winter (musim dingin). Sebelumnya saya sudah mempersiapkan perlengkapan winter standar seperti coat, long john, sweater, atasan dan bawahan berbahan polyester, sarung tangan, kaos kaki heattech (beli di Uniqlo) dan boots. Alhamdulillah dengan senjata segitu (aja) saya survive 6 hari di Rusia yang paling dinginnya sampai -11 derajat celcius.

Yang paling penting untuk survive di musim dingin buat orang tropis kayak kita menurut saya ada di tehnik layering pakaian yang tepat, bukan pada ketebalannya. Selama di sana layering pakaian saya kayak gini: long john, atasan, sweater. Tambah syal dan coat (tipis) sudah anget. Kalau masih kedinginan siapin sarung tangan.

Nah, seringan saya malah kedinginan gara-gara angin yang heboh berhembusnya bukan karena suhu minus. Kalau udah kayak gitu syal jadi senjatanya: naikin sampai batas mata biar agak anget mukanya. Kalau yang gak pakai jilbab siapin earmuff supaya angin gak masuk telinga, sedangkan untuk yang jilbaban InsyaAllah cukup dengan jilbabnya. Asal pakai ciput ya.

 

Beberapa pose OOTD di Rusia

                    Beberapa pose OOTD di Rusia

Balik lagi ke Moskow, apa yang bisa dilihat? Banyak! Yang wajib dikunjungi adalah Kremlin terbesar di Moskow dan museum. Kebetulan karena saya liputannya kegiatan produsen baju muslim, saya ikut keliling masjid. Hah? Iya Anda gak salah denger saya keliling masjid di Rusia!

Surprisingly, di Rusia, nggak hanya Moskow, ada banyak masjid yang indahnya MasyaAllah. Beberapa bisa dilihat di link tulisan saya DI SINI. Kaget deh nemu masjid-masjid kayak gitu.

Sama kayak kebanyakan orang Eropa, orang Rusia suka banget ama museum. Di Moskow museum yang beberapa diantaranya terdapat dalam rumah ibadah seperti katedral dan masjid cukup ramai. Kalau Kremlin sih jangan ditanya: orang tumplek-blek di sana.

 

moscow 1

                  Lapangan Merah (Red Square)

 

st basil moscow 2

Katedral St Basil di Red Square

 

Kesan orang-orang Rusia itu misterius dan kaku pun pelan-pelan mulai terkuak. Misterius nggak juga karena mereka akan jawab kalau ditanya kok. Walaupun kendala bahasa udah pasti ada.

Cuman jangan harap kalau papasan mereka senyum ya. Yang ada langsung hindari eye contact. Boro-boro senyum. Mungkin karena mereka kurang nyaman kalau tiba-tiba disapa sama orang asing.

Gimana dengan wisata belanjanya? Jangan lewatin Pasar Izmailovo kalau ke Moskow. Harga udah paling murah dan paling beragam se-Rusia buat produk-produk lokalnya sana. Kayak topi bulu, matrioskha, shirt sampe tempelan kulkas. Barang vintage militer juga ada. Saya nyesel banget nggak heboh belanja karena salah perkiraan di kota lain bakal lebih murah dan beragam.

Kalau pengen yang branded ke mall aja, salah satunya GUM di Lapangan Merah. Barangnya bagus-bagus tapi harganya juga bagus-bagus banget sik.

 

DSC_0430

         Taman Alexander

DSC_0419

         Moskwa River

Makanan? Nah ini yang biasanya peer. Secara makanan Indonesia kan paling enak ya, jadi gak selera sedikitpun sama makanan sana yang gak ada rasanya. So, kalau nggak makan masakan Asia Tengah ya makanan Indonesia terenak yaitu Pop Mie hahaha. Etapi karena kali ini sama rombongan orang Indonesia yang pada cinta makanan Indonesia nggak terlalu peer banget kali ini soal makanan.

Apalagi ya tentang Moskow? Rasanya cukup ya. Sayang beribu sayang karena saya bersama rombongan yang pakai bus kemana-mana nggak sempat naik Metro yang katanya stasiunnya cakep itu. Etapi dalam perjalanan kali ini saya malah merasakan naik kereta cepat (pertama kali di luar negeri) dan pesawat budget asing.

Pada tulisan berikutnya saya akan cerita pengalaman di Kazan dan St Petersburg. Mudah-mudahan ada yang nungguin ya hahaha.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply