Saya

‘You Don’t Know Jack’, Satu Lagi Yang Terbaik Dari Al Pacino

poster you don't know jack

Setiap manusia memiliki hak untuk menentukan sendiri tujuan kehidupannya, tetapi bukan manusia lain yang boleh mengakhirinya.

Demikian intisari film televisi yang saksikan kemarin di salah satu channel televisi berbayar. Film menarik ini berjudul ‘You Don’t Know Jack’

Film yang diangkat dari kisah nyata ini bercerita tentang Jack Kevorkian (Al Pacino), seorang dokter yang membantu pasien untuk menjalani euthanasia.

Euthanasia menurut Wikipedia merupakan tindakan yang secara sengaja mengakhiri nyawa seseorang untuk mengangkat penderitaannya. Biasanya pasien yang menjalani praktik ini memiliki penyakit menahun yang sulit untuk sembuh.

Praktik ini masih kontroversial di hampir seluruh dunia termasuk di Michigan, negara bagian dimana dr Kevorkian tinggal.

Namun karena yakin bahwa praktik yang dilakukannya semata-mata adalah untuk mengangkat penderitaan pasien, dr Kevorkian bahkan berani bertarung di pengadilan demi melegalkan tindakan yang dilakukannya.

Ada beberapa hal menarik yang saya lihat di film ini. Pertama, bahwa film mengangkat topik euthanasia yang sangat menarik. Kedua, bahwa film ini dibintangi oleh Al Pacino.

Salah satu peran Pacino yang paling tidak terlupakan adalah ketika dirinya memerankan Michael Corleone dalam trilogi ‘The Godfather’ yang fenomenal itu.

Al Pacino jika dilihat dari film-film yang dibintanginya adalah aktor watak berkelas. Sudah 8 kali Pacino dinominasikan di ajang bergengsi Oscar, namun baru tahun 1993 dia baru benar-benar memenangkannya.

Oscar itu digenggamnya ketika pria bersuara khas ini berperan sebagai Letnan Kolonel Frank Slade di film ‘Scent of A Woman’. Film ini juga salah satu film yang sudah saya tonton lebih dari sekali. Di situ Pacino berperan sebagai pensiunan tentara buta yang keras kepala, namun lembut terhadap perempuan.

Kembali ke kisah dr Kevorkian, Pacino membuktikan kelasnya sebagai aktor watak mumpuni, walaupun usianya sudah tidak muda lagi. Terbukti dia memenangkan Golden Globe untuk perannya di sini.

Film televisi yang pertama tayang tahun 2010 itu sudah beberapa kali ditayangkan ulang oleh HBO. Nah, jika suatu hari film ini ditayangkan kembali jangan ketinggalan untuk menyaksikannya.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply