Saya

Yuk, Buang Sampah pada Tempatnya

Tiap kali pergi liburan, saya sering bawel sama suami soal sampah. Paling gampang, bawelin soal sampah yang kami hasilkan sendiri.

Saya dan suami sudah membiasakan diri untuk membawa plastik buat nampung sampah. Kalo abis belanja apa-apa waktu di jalanpun plastiknya enggak dibuang dulu soalnya buat nampung sampah. Meskipun pernah khilaf karena malas nyari tempat sampah, tapi sesering mungkin saya berusaha untuk tidak buang sampah sembarangan.

Sayangnya masih belum banyak orang yang sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan. Beberapa kali ke objek wisata di beberapa daerah di Indonesia, saya sedih lihat sampah bertebaran dimana-mana. Enggak di pantai, enggak di gunung. Apalagi kalau lagi musim liburan, minta ampun kotornya.

Penyebabnya sendiri saya nggak ngerti. Apa karena orang Indonesia yang tidak menghargai kebersihan atau karena tidak tersedia tong sampahnya? Ataukah harus ada sinerginya? Sebab kalau dibandingkan dengan luar negeri, budaya buang sampah pada tempatnya juga didukung oleh tempat sampah yang banyak dan layak.

Anyway, tulisan ini sebagai reminder buat saya pribadi –bahwa saya pernah sangat mendukung buang sampah pada tempatnya– dan tentu saja bagi pembaca blog ini. Kalau ada yang tergugah Alhamdulillah.

Di momen hari kemerdekaan Indonesia yang ke-70, kayaknya budaya buang sampah pada tempatnya sudah harus lebih sering kita praktikkan. Latih mulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekat saja dulu. Lingkungan yang bersih tidak hanya sebab dipandang mata tapi juga baik untuk kesehatan. Ya, nggak?

 

====

 

 Saya & suami di salah satu obyek wisata di Sumatera Barat

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply