Saya

Adam: Cerita Dua Dunia

Can two people in a different world collide? Anda harus menyaksikan ‘Adam’ untuk menemukan jawabannya.

Film keluaran tahun 2009 ini bercerita tentang Adam Raki (Hugh Dancy) yang tinggal di sebuah apartemen di New York. Dari luar Adam terlihat seperti pemuda kebanyakan, walau tergolong pemalu dan penyendiri. Namun di balik sifat pemalunya, Adam adalah pemuda yang pandai bak kamus berjalan.

Suatu hari apartemennya kedatangan Beth Butchwald (Rose Byrne), seorang penulis buku anak-anak yang cantik dan pandai. Berawal dari teman, Adam dan Beth saling tertarik. Saat itulah Beth mendapati kalau Adam menderita sindrom Asperger.

Sindrom yang diderita Adam awalnya tidak terlalu mengganggu hubungan romantis keduanya. Bahkan Beth berusaha untuk membantu Adam berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya. Namun tak pelak kerap terjadi kesalahpahaman. Hubungan keduanya semakin memburuk seiring dengan dugaan korupsi dan perselingkuhan yang melibatkan ayah tercinta Beth (Peter Gallagher).

adam-poster

Setelah menyaksikan film ini Anda akan sangat ingin tahu mengenai sindrom Asperger. Menurut wikipedia sindrom ini adalah salah satu gejala autisme di mana para penderitanya memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungannya. Sindrom Asperger dibedakan dengan gejala autisme lainnya dilihat dari kemampuan linguistik dan kognitif para penderitanya yang relatif tidak mengalami penurunan, bahkan dengan IQ yang relatif tinggi atau rata-rata. Penderita sindrom Asperger juga bisa hidup secara mandiri.

‘Adam’ bercerita tentang sesuatu yang sederhana. Sesuai tagline-nya, “a story about two strangers”, film ini mengenai dua orang asing yang bertemu dalam kondisi yang berbeda. Beth yang ekstrovert bertemu dengan Adam yang penuh tanda tanya. Adam bisa dengan sangat lancar menjelaskan jenis-jenis teleskop atau sejarah gedung pertunjukan tempat mereka menonton teater. Namun dia sangat kesulitan menyatakan kalau dia mencintai Beth ataupun bersimpati dengan kegalauan hati Beth.

Film yang bertema manusia spesial seperti Adam sebelumnya dapat kita saksikan di film ‘Forrest Gump’ dan ‘I am Sam’. Kesamaan dari ketiga film ini adalah sama-sama touchy. Jadi pastikan sedia tissue saat menonton.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply